Program Kerja Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim Slawi 2015/2016


Program Kerja Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim Slawi 2015/2016


PENGESAHAN
PROGRAM KERJA KURIKULUM
SMPIT LUQMAN AL HAKIM
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Telah diteliti dan disahkan penggunaannya
di SMP IT LUQMAN AL HAKIM
pada tanggal 1 Juli 2015
dan dinyatakan berlaku untuk Tahun Pelajaran 2015 / 2016


Slawi, 1 Juli 2015
Kepala Sekolah                                                                               Wakasek Kurikulum

Sudirman, S.Pd                                                                                Asri Nur Prihatin, S.Pd. Si






                                                                            


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur  dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa , atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Kurikulum SMPIT Luqman Al Hakim Tahun Pelajaran 2015/2016. Program ini merupakan penyempurnaan dari program tahun-tahun sebelumnya.
Tujuan penyusunana Program Kerja ini sebagai acuan dan pedoman yang harus dikerjakan oleh Waka. Kurikulum selama tahun pelajaran 2015/2016. Semoga dengan adanya Program Kerja Kurikulum ini akan meningkatkan kinerja sesuai dengan Visi Misi SMP IT Luqman Al Hakim.
Tersusunnya Program Kerja Kurikulum ini berkat dukungan dan kerja sama semua stakeholder. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada : 
1.           Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Tegal beserta jajarannya yang telah memfasilitasi tersusunnya Kurikulum ini;
2.          Pengawas SMP Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Tegal yang telah membimbing penyusunan kurikulum;
3.          Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP IT Luqman Al Hakim yang secara proaktif telah memberikan masukan, pertimbangan dan kelengkapan data;
4.          Ketua Komite SMP IT Luqman Al Hakim yang telah memberikan masukan dan dorongan terhadap pelaksanaan pendidikan di SMP IT Luqman Al Hakim;
5.          Semua pihak yang telah mendukung tersusunnya kurikulum ini.
Penyusun menyadari bahwa Program Kerja Kurikulum ini masih belum sempurna dari harapan, oleh karena itu penyusun mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari semua pihak untuk perbaikan Program Kerja ini pada masa yang akan datang.
Slawi, 1 Juli 2015
Waka. Kurikulum

Asri Nur Prihatin, S.Pd. Si






DAFTAR ISI

HALAM JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................................................................. ii
DAFTAR ISI......................................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................................................. 1
A. Latar Belakang....................................................................................................... 1
B. Pengertian Kurikulum............................................................................................ 1
C. Dasar..................................................................................................................... 2
D. Tujuan.................................................................................................................... 3
E. Target dan Sasaran............................................................................................... 3
BAB II PROFIL SEKOLAH........................................................................................................................ 5
A.Data Siswa.............................................................................................................. 6
B. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan.............................................................. 6
C. Data Ruang............................................................................................................ 6
D. Data Prestasi Siswa.............................................................................................. 6
BAB III ADMINISTRASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN....................................................................... 10
A.Struktur Kurikulum................................................................................................. 10
B. Pengaturan Beban Belajar...................................................................................... 11
C. Kalender Akademik................................................................................................. 12
D. Proses Pembelajaran............................................................................................ 18
BAB IV PROGRAM KERJA KURIKULUM.................................................................................................. 23
BAB V PENUTUP  ............................................................................................................................... 25
LAMPIRAN-LAMPIRAN         
1.Format program Semester
2.Format Silabus
3.Format Administrasi Penilaian Guru
4.Format Adminis trasi Kelas
5. Format Daftar Hadir Guru
6. Jadwal, Tugas dan Absensi Piket Guru
7. Format Program Remedial dan Pengayaan



BAB I
PENDAHULUHAN

A.       LATAR BELAKANG
Standar Nasional pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional ( dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, peraturan pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menetapkan & standar yang harus dipenuhi dalam melaksanakan pendidikan. Salah satu standar yang dikembangkan oleh bidang kurikulum adalah membelajarkan peserta didik sesuai dengan standar isidan standar kompetensi kelulusan.
Oleh karenaitu bidang kurikulum membuat program kerja kurikulum. Dalam program kerja ini mengambarkan tentang kurikulum yang ada di SMP IT Luqman Al Hakim. Program kerja ini diharapkan mampu mencapai tujuan di atas.

B. PENGERTIAN KURIKULUM
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini, meliputi tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu program kurikulum disusun oleh wakil bidang kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di  SMP IT Luqman Al Hakim.
SMP Islam Terpadu Luqman Al Hakim adalah sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini semua mata pelajaran dan semua kegiatan tidak lepas dari bingkai dan pesan ajaran islam dan juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan konatif.
Kurikulum SMP Isalm Terpadu berupaya untuk mengoptimalkan dan sinkronisasi peran guru, orang tua dan masyarakat dalam proses pengelolaan sekolah dan pembelajaran sehingga terjadi sinergi yang konstruktif dalam membangun kompetensi dan karakter siswa. Selain itu SMP IT Luqman Al Hakim sebagai bagian dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT ) juga memiliki beberapa karakteristik, yaitu:
1.         Menjadikan Islam sebagai landasan filosofi .
Sekolah hendaknya menjadikan Al Qur’an dan As Sunnah sebagai rujukan dan pedoman dasar bagi penyelenggaranya dan proses pendidikan
2.        Mengintegrasikan nilai Islam kedalam bangunan kurikulum.
Seluruh bidang ajar dalam bangunan kurikulum dikembangkan melalui perpaduan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Al Qur’an dan As Sunah dengan nilai-nilai IlmuPengetahuan Umum yang diajarkan.
3.        Menerapkan dan mengembangkan metode pembelajaran untuk mencapai optimalisasi proses belajar mengajar. Mencapaisekolah Islam Terpadu yang efektif dan bermutu sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengembangkan proses belajar mengajar yang metodologis, efektif dan strategis dengan menggunakan pendekatansaintifik.
4.        Mengedepankan qudwah hasanah dalam membentuk karakter peserta didik.
Seluruh tenaga kependidikan menjadi contoh bagi peserta didik. Keteladanan akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar.
5.        Menumbuhkan biah solihah dalam iklim dan lingkungan sekolah menumbuhkan kemaslahatan dan meniadakan kemaksiatan dan kemungkaran.
Seluruh dimensi kegiatan sekolah senantiasa bernafaskan semangat nilai dan pesan-pesan islam. Adab dan etika pergaulan seluruh warga sekolah dan lingkungannya, tata tertib dan aturan, penataan lingkungan, pemungsian masjid ,aktivitas belajar dan mengajar berbagai kegiatan sekolah semuanya mencerminkan realisasi dari ajaran islam.
6.        Melibatkan peran-serta orang tua dan masyarakat dalam mendukung tujuan pendidikan.
Ada kerjasama yang sistematis dan efektif antara orang tua dalam mengembangkan dan memperkaya kegiatan pendidikan dalam berbagai aneka program. Guru dan orang tua saling bahu-membahu dalam memajukan kualitas sekolah.
7.        Mengutamakan nilai ukhuwah dalam semua interaksi antar warga sekolah
Kekerabatan dan persaudaraan diantara para guru dan karyawan sekolah dibangun atas prinsip nilai-nilai islam.
8.        Membangun budaya rawat, resik, rapih, runut, ringkas, sehat dan asri.
Kebersihan bagian dari iman, kebersihanpangkalkesehatan. Hadisdan slogan yang sangatbersajaselayaknyamenjadibudaya SEKOLAH ISLAM TERPADU
9.        Menjaminseluruh proses kegiatan sekolah untuk selalu berorintasi pada mutu. Ada manajemen mutu terpadu yang mampu menjamin kepastian kualitas penyelenggaraan sekolah.
10.      Menumbuhkan budaya profesionalisme yang tinggi dikalangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Sekolah membuat program danfasilitas yang menunjang munculnya kebiasaan professional dikalangan kepala sekolah, guru dan karyawan profesi dalam berbagaikegiatan ilmiah.

C. DASAR
  1. Undang –undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  4. Inpres No. 6 Th. 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif
  5. Inpres No. 1 Th 2010 ttg Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010 (Pengembangan Karakter)
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar  Kompetensi Lulusan
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sarana dan Prasarana.
  12. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 29 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan.
  13. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.
14.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 Tahun 2009 tentang Standar Pembiayaan.
15.      Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor: 423.5/5/2010 Tentang Kurikulum mata Pelajaran Muatan Lokal ( Bahasa Jawa) untuk jenjang pendidikan SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTS Negeri dan Swasta
16.      Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor: 420/03004 Tentang Perubahan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nomor: 420/02584 Tentang Pedoman Penyusunan Kalender Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016
  1. AD/ART Jaringan Sekolah Islam Terpadu ( JSIT )
  2. Buku Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu

D. TUJUAN
1)         Dari sudut manjemen program kerja kurikulum in ibertujuan untu kmeningkatkan kemampuan semua unsur yang terlibat dalam proses belajar mengajardi SMP IT Luqman Al Hakim dalam ha lmerencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan dan mengendalikan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing.
2)       Dari sudut Paedagogik program kerja kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar itu sendiri melalui peningkatan disiplin yang tinggi.
3)       Dari sudut pelaksanaan kebijakan Departemen pendidikan Nasional, program kerja kurikulum ini bertujuan untuk ikut serta dalam melaksanakan wajib belajar Pendidikan dasar 9 tahun
4)       Sebagai acuan bagi tenaga kependidikan di SMPIT Luqman Al Hakim dalam penyenggaraan pendidikan pada umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya.
5)       Sebagai pedoman bagi para guru agar dapat melaksanakan tugas secara optimal,sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif dan efisien.


E. TARGET DAN SASARAN
   Target program kurikulum yaitu:
1.           Tersusunnya administrasi pengajaran yang baik
2.          Terselenggaranya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien
3.          meningkatnya kedisiplinan guru, siswa, dan personil sekolah lainnya
4.          meningkatnya mutu pendidikan
Sasaran program kurikulum yaitu:
I. Guru
1. Semua guru dapat mempersiapkan perangkat administrasi pengajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, seperti:
- Program Tahunan
- Program Semester
- Silabus
- RPP
- Program Remedial
- Program Pengayaan
.2. Semua guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan baik sesuai dengan kurikulum yang berlaku
3. Semua guru dapat melaksanakan evaluasi, analisis, dan daya serap siswa
4. Semua guru melakukan perbaikan/remedial terhadap siswa yang belum tuntas belajar, dan pengayaan terhadap siswa yang sudah tuntas.
II. Siswa
1. Tercapainya target kurikulum secara maksimal ditandai dengan berhasil naiknya siswa kelas VII ke kelas VIII, kelas VIII ke kelas IX dan lulusnya siswa kelas IX
2. Tercapainya mutu pendidikan yaitu ditandai dengan banyaknya siswa yang melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya
3. Membekali keterampilan siswa yang tidak dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
III. Wali Kelas
1. Dapat melaksanakan bimbingan terhadap kelas yang dipimpinnya
2. Dapat melaksanakan managemen kelas yang baik dan melakukan pengisian buku leger kelas yang menjadi tanggung jawabnya
3. Dapat melakukan pengisian buku laporan pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan




BAB II
 PROFIL SEKOLAH

1.       Nama Sekolah                                                               :   SMPIT Luqman Al Hakim
2.     Nomor Statistik Sekolah (NSS)          :   202033281089
3.     N P S N                                                        :   20340892
4.     Alamat Sekolah                                       : Mada No 77 Kalisapu
Kecamatan                                                                   :   Slawi
Kabupaten                                                                    :   Tegal
Kode Pos                                                                       :   52416
Provinsi                                                   :   Jawa Tengah
Nomor Telepon                                                             :   (0283) 6132828
E-mail                                                                            :   smpit.slawi@gmail.com dan smpit_slawi@yahoo.co.id
5.     Nama Yayasan (bagi swasta)                                      :   ULIN NUHA
      Alamat Yayasan                                                            :     Jl. Gajah Mada no 77 Kalisapu, Kec. Slawi, Kab. Tegal
      Nomor Telepon                                                             :   (0283) 491112
6.     No. Akta Pendirian Terakhir                                         :   C-877.HT.01.02. Th. 2007 (MENKUMHAM)
7.      Tahun Berdiri Sekolah                                                  :   2006
8.     Status Akreditasi                                                         :   Terakreditasi C
9.     No. SK Ijin Operasional                                                 :   420/0939/2006
10.   Nama Bank                                                                    : BRI
No. Rekening                                                                 : 0661-01-013352-50-7
Atas Nama                                                                    : SMP IT LUQMAN AL HAKIM
No. NPWP                                                                       : 01.527.568.8-501.000
Atas Nama NPWP                                                          : YAY. ULIN NUHA
Luas Lahan                                                                   : 4185 m2
11.     Visi Sekolah                                                                  :     Pelopor Pendidikan Islam Berkualitas yang Berwawasan Internasional
12.    Misi Sekolah                                                                 :   1. Membentuk siswa-siswi yang berfikir kritis, cerdas, terampil dan bertaqwa.
2.     Membekali life skill untuk siswa-siswi sesuai dengan jenjang pendidikannya.
3.     Mengantar siswa-siswi meniti jenjang pendidikan selanjutnya.






A. Data siswa
No.
Kelas
Jumlah Siswa
Jumlah
Putra
Putri
1.
Kelas 7.1
9
12
21
2.
Kelas 7.2
14
15
29
3.
Kelas 7.3
10
20
30
4
Kelas 7.4
10
20
30
4.
Kelas 8.1
22
10
32
5.
Kelas 8.2
15
18
33
6.
Kelas 8.3
14
19
33
7.
Kelas 9.1
26
4
30
8.
Kelas 9.2
23
7
30
9.
Kelas 9.3
4
26
30
Total
147
151
298

B. Data pendidik dan tenaga kependidikan
No.
Jabatan
Jumlah
Total
Laki-laki
Perempuan
1.
Kepala Sekolah
1
-
1
2.
Guru
9
10
19
3.
Karyawan
1
1
2
Total
11
8
22
               

C. Data ruang
Jenis Ruangan
Jml
Ukuran (m)
Jenis Ruangan
Jml
Ukuran (m)
1. Kelas
9
7 x 9
5. Perpustakaan
-
7 x 9
2. Ruang Guru
1
7 x 9
6. Lab. IPA
1
7 x 15
3. Ruang KS
1
4 x 4
7. Lab Multimedia
1
7 x 9
4. Ruang TU
1
4 x 9
8. Toilet
6
2         x 2


D. Data Prestasi Siswa
KEJUARAAN YANG PERNAH DIRAIH SMPIT LUQMAN AL HAKIM SLAWI
PERIODE 2011-2015
NO
TAHUN
JENIS PERLOMBAAN
NAMA
PERINGKAT
PENYELENGGARA
TINGKAT
1
2011
Futsal
Regu
1
FKMPT Tegal
Kabupaten
2
2011
Seni Kriya
Hanif Nurhafni
3
FLS2N
Kabupaten
3
2011
Kecepatan Rubrik
Adam Wira Hadi
1
Book Fair
Kabupaten
4
2011
Kecepatan Rubrik

2
Book Fair
Kabupaten
5
2011
SBK
Safira
2
OMP JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
6
2011
Keagamaan
Regu
1
LT III Kwarcab
Kabupaten
7
2012
Biologi
Abdul Ghofar Ismail
1
OSN
Kabupaten
8
2012
Matematika
M.Firdaus
3
OSN
Kabupaten
9
2012
Sepak Takrow
Regu
3
POPDA
Kabupaten
10
2012
Ganas Poster Competition
Regu
2
SMA 1 Slawi
Kabupaten
11
2012
LCC Pramuka
Regu
2
SMA 1 Slawi
Kabupaten
12
2012
Kemwil
Regu
Juara Umum
Kemwil JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
13
2012
Scout Adventure
Regu
1
Kemwil JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
14
2012
Pionering
Regu
2
Kemwil JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
15
2012
Menaksir tinggi
Regu
1
Kemwil JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
16
2012
Menaksir tinggi
Regu
1
Kemwil JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
17
2012
KIM Mengingat
Regu
2
Kemwil JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
18
2012
Paradise Tend
Regu
2
Kemwil JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
20
2013
Seni Tari
Regu
2
FLS2N
Kabupaten
21
2013
Vokal Group
Regu
3
FLS2N
Kabupaten
22
2013
Robotik
Raihan Iliyyin
2
JSIT Jateng
Propinsi
23
2013
SBK
Regu
3
OMP JSIT
Propinsi
24
2013
Tolak Peluru
Hasna Fauziah
1
POPDA
Kabupaten
25
2013
Siswa Berprestasi
Zahra Jamilah
3
Dikpora
Kabupaten
26
2013
Siswa Berprestasi
Ghozi Murtadho
5
Dikpora
Kabupaten
27
2013
Senam Lantai
Yoga
2
POPDA
Kabupaten
28
2013
Tenis Meja
Husna Karimah
3
POPDA
Kabupaten
29
2013
Tahfidz
A.Zaqi Hilmi Sabar
3
MAPSI
Kabupaten
30
2013
K-3
Sekolah
3
BLH
Kabupaten
31
2013
Modern Dance
Regu
2
FLS2N
Kabupaten
32
2013
Tekhnologi Adventure
Regu
1
SMK2 Slawi
Kabupaten
33
2013
Karya Ilmiah Tepat Guna
Aditya Ilhamul H
3
SMK2 Slawi
Kabupaten
34
2013
Pionering
Regu
3
Jamcab
Kabupaten
35
2013
K-3 Pertendaan
Regu
1
Jamcab
Kabupaten
36
2013
Tekhnologi Informatika
Regu
3
Jamcab
Kabupaten
37
2013
Tapak Suci Kelas C

2
Kejurda
Kabupaten
38
2013
Tapak Suci Kelas D

3
Kejurda
Kabupaten
39
2013
Tapak Suci Kelas D

1
Kejurda
Kabupaten
40
2013
Tapak Suci Kelas E

1
Kejurda
Kabupaten
41
2013
Tapak Suci Kelas F

3
Kejurda
Kabupaten
42
2013
Tapak Suci Kelas G

3
Kejurda
Kabupaten
43
2013
Tapak Suci Seni
Regu
2
Kejurda
Kabupaten
44
2013
Tapak Suci Kelas A

2
Kejurda
Kabupaten
45
2013
Tapak Suci Kelas C

1
Kejurda
Kabupaten
46
2013
Tapak Suci Kelas C

2
Kejurda
Kabupaten
47
2013
Tapak Suci Kelas D

3
Kejurda
Kabupaten
48
2013
Tapak Suci Kelas E

3
Kejurda
Kabupaten
49
2013
Tapak Suci Kelas E

3
Kejurda
Kabupaten
50
2013
Tapak Suci Kelas F

3
Kejurda
Kabupaten
51
2013
Tapak Suci Kelas F

3
Kejurda
Kabupaten
52
2013
Tapak Suci Kelas G

3
Kejurda
Kabupaten
53
2013
Tapak Suci Kelas G

3
Kejurda
Kabupaten
54
2013
Tapak Suci
Regu
Juara Umum 3
Kejurda
Kabupaten
56
2014
Pencak silat
Regu
Juara Umum 2
POPDA
Kabupaten
57
2014
Tenis Meja
Husna Karimah
3
POPDA
Kabupaten
58
2014
Cerdas cermat PAI
Regu
2
MAPSI
Kabupaten
59
2014
Cerdas cermat Mapel
Regu
2
Dikpora
Kabupaten
60
2014
Tahfidz Al quran
Toriq Abdillah
3
MAPSI
Kabupaten
61
2014
Modern Dance
Regu
4
FLS2N
Kabupaten
62
2014
LCTP Pramuka
Regu
1
SMKN2 Slawi
Kabupaten
63
2014
Poster
Regu
1
SMKN2 Slawi
Kabupaten
64
2014
Scout Adventure
Regu
2
SMKN2 Slawi
Kabupaten
65
2014
Memasak Jajanan tegal
Regu
3
SMKN2 Slawi
Kabupaten
66
2014
Poster
Regu
3
SMKN2 Slawi
Kabupaten
67
2014
LCTP Pramuka
Regu
2
SMKN2 Slawi
Kabupaten
68
2014
Memasak Jajanan tegal
Regu
2
SMKN2 Slawi
Kabupaten
69
2014
Tenis Lapangan
M.Gemas Al Gusti
3
POPDA
Kabupaten
70
2014
Cerdas cermat PAI
Regu
2
OMP JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
71
2014
Roket Air
Regu
3
OMP JSIT
Propinsi Jateng-Jogya
72
2014
Modern Dance
Regu
1
Toserba
Kabupaten
73
2014
Perkemahan PMR Jumbara
Regu Putra
1
PMI
Kabupaten
74
2014
Perkemahan PMR Jumbara
Regu Putri
1
PMI
Kabupaten
75
2015
Tapak Suci Kelas B
Teguh Bayu A.
3
Kejurda
Kabupaten
76
2015
Tapak Suci Kelas C
Muamar Kadafie
3
Kejurda
Kabupaten
77
2015
Tapak Suci Kelas D
Candra Ramadhan
2
Kejurda
Kabupaten
78
2015
Tapak Suci Kelas E
Ikhsan Ibnu M
3
Kejurda
Kabupaten
79
2015
Tapak Suci Kelas F
Hamzah S.Karen
1
Kejurda
Kabupaten
80
2015
Tapak Suci Kelas G
Hendrik T.Wahono
3
Kejurda
Kabupaten
81
2015
Tapak Suci Kelas H
Rizki Azzar F.
3
Kejurda
Kabupaten
82
2015
Tapak Suci Kelas A
Isnaenurfi Hana
3
Kejurda
Kabupaten
83
2015
Tapak Suci Kelas C
Andini Aulia
3
Kejurda
Kabupaten
84
2015
Tapak Suci Kelas D
Astrid Widia
3
Kejurda
Kabupaten
85
2015
Tapak Suci Kelas E
Rizka Putri N.
3
Kejurda
Kabupaten
86
2015
Tapak Suci Kelas F
Qonita Izatun N
3
Kejurda
Kabupaten
87
2015
Tapak Suci Kelas G
Dea safa
3
Kejurda
Kabupaten
88
205
Pencak silat Kelas B
Teguh Bayu A.
1
POPDA
Kabupaten
89
2015
Pencak silat Kelas G
Hamzah S.Karen
1
POPDA
Kabupaten
90
2015
Pencak silat Kelas F
Qonita Izatun N
1
POPDA
Kabupaten
91
2015
Pencak silat Kelas F
Candra Ramadhan
2
POPDA
Kabupaten
92
2015
Pencak silat Kelas C
Muamar Kadafie
3
POPDA
Kabupaten
93
2015
Pencak silat Kelas D
Rizka Putri N.
3
POPDA
Kabupaten
94
2015
Pencak Silat Putra
Regu
Umum 2
POPDA
Kabupaten
95
2015
Pencak silat Putri
Regu
Umum 3
POPDA
Kabupaten
96
2015
Tenis Meja
Nurfaiz Ramadhan
3
POPDA
Kabupaten
97
2015
Senam lantai
Musyadad
3
POPDA
Kabupaten
98
2015
 OSN IPS
Syifatul Muizzati
2
Dikpora
Kabupaten
99
2015
LCC Pramuka Putra
Regu
3
Kwarcab
Kabupaten
100
2015
LCC Pramuka Putri
Regu
2
Kwarcab
Kabupaten
101
2015
LCC MAPSI
Regu
1
Dikpora
Kabupaten
102
2015
LCC MAPEL
Regu
2
Dikpora
Kabupaten
103
2015
Tahfidz MAPSI
A.Haidar Annuridy
3
Dikpora
Kabupaten
104
2015
Tahfidz MAPSI
Zulfa Nuraeni
2
Dikpora
Kabupaten
105
2015
Tahfidz Pentas PAI
A.Haidar Annuridy
1
Kemenag
Kabupaten
106
2015
Tahfidz Pentas PAI
Zulfa Nuraeni
2
Kemenag
Kabupaten
107
2015
Kaligrafi Putri
Ulya Alimah
IV
Dikpora
Kabupaten
108








BAB III
ADMINISTRASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

A.       STRUKTUR KURIKULUM
Sruktur Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim berisi 10 mata pelajaran, muatan lokal, ciri khusus islam terpadu dan pengembangan diri yang harus diberikan kepada peserta didik. Jumlah jam dalam satu minggu ada 48 jam dan setiap jam pelajaran lamanya 40 menit.
                 Struktur  Mata Pelajaran pada Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII
VIII
IX
A.   Mata Pelajaran



1.      Pendidikan Agama*
2
2
2
2.     Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3.     Bahasa Indonesia *
4
4
4
4.     Bahasa Inggris*
4
4
4
5.     Matematika
4
4
4
6.     Ilmu Pengetahuan Alam*
4
4
4
7.     Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
8.     Seni Budaya *
2
2
2
9.     Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan*
2
2
2
10.    Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi *
2
2
2
B. Muatan Lokal



      1. Bahasa Jawa*
2
2
2
      2. Pertiwi **
2
2
2
Jumlah
34
34
34
C. Ciri Khusus Islam Terpadu



1. Bahasa Arab*
2
2
2
2. Tahfidz**
2
2
2
3. English Conversation**
2
2
2




D. Pengembangan Diri
8
8
8
1. Program Mentoring



    2. Ekskul Wajib (Pramuka, bela Diri)



    3. Eskul Pilihan (MIPA, English, Sport, Seni, Jurnalistik)



Jumlah
48
48
48
     Catatan:
1.         *  mencantumkan nilai tertulis dan nilai praktek
2.      ** hanya mencantumkan nilai praktek
3.        Program Pengembangan diri (ekstrakurikuler) yang terdapat di sekolah pada umumnya, di SMP IT Luqman Al Hakim di masukkan ke dalam program intrakurikuler sehingga tidak ada pemisahan antara intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
4.        Jam pembelajaran  dalam satu minggu ada 48 jam pelajaran karena ada penambahan mata pelajaran ciri khusus untuk sekolah islam terpadu

B.         PENGATURAN BEBAN BELAJAR
a.        Beban belajar dalam sistem paket digunakan oleh tingkat satuan pendidikan  SMP baik kategori standar maupun mandiri.
b.        Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan  sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pengaturan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun pelajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah jam pelajaran dengan pertimbangan SMP IT Luqman Al Hakim sekolah berciri khusus. Pemanfaatan jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan kebutuhan peserta  didik dalam mencapai kompetensi, selain itu dimanfaatkan untuk mata pelajaran  lain yang menjadi ciri khusus islam terpadu dan tidak terdapat di dalam struktur kurikulum yang tercantum dalam Standar isi.
c.        Alokasi waktu untuk penugasan struktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket untuk SMP 0% - 50% dari waktu kegiatan tatap muka pelajaran yang bersangkutan. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta  didik dalam mencapai kompetensi ( dikaitkan dengan tugas yang diberikan kepada Peserta didik).
d.        Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara dengan satu jam tatap muka.
1)      Alokasi waktu untuk tatap muka, penugasan struktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk SMP yang menggunakan sistem SKS mengikuti aturan.
2)      Satu SKS pada SMP terdiri atas : 40 menit tatap muka, 20 menit kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.
e.  Sistem yang digunakan
Beban belajar yang diatur pada ketentuan ini adalah beban belajar sistem paket pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem Paket  dinyatakan dalam  satuan jam pembelajaran.
Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta  didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik. SMP IT Luqman Al Hakim menerapkan sitem paket.
f.      Waktu tatap muka
Adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta  didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran pada masing-masing satuan pendidikan SMP berlangsung selama 40 menit.
Beban belajar kegiatan tatap muka per minggu pada satuan pendidikan untuk SMP adalah 36 jam pembelajaran. Namun Beban belajar pada SMP IT menggunakan sistim paket dengan beban belajar maksimal 48 jam pelajaran per minggu. Satu jam pelajaran 40 menit, dengan rincian sebagai berikut :
    Kelas
Satu jam pembelajaran tatap muka/menit
Jumlah jam pembelajaran perminggu
Minggu efektif
per
tahun ajaran
Waktu pembelajaran /jam per tahun
VII

40

48
34
1632
VIII

40
48
34
1632
IX

40
48
34
1632

C.         KALENDER AKDEMIK
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu  efektif  belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Setiap permulaan tahun pelajaran, tim pengembang kurikulum akan mengadakan review kurikulum ini. menyusun kalender Pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, Kegiatan siswa dan hari libur. Pengaturan waktu belajar di SMP IT Luqman Al Hakim mengacu kepada Standar Isi dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah daerah.
                Beberapa aspek penting yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan kalender pendidikan sebagai berikut :
1.         permulaan tahun ajaran yaitu waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh Pemerintah yaitu bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
2.        minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. sekolah/madrasah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya.
3.        waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
4.        waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal.hari libur sekolah/madrasah ditetapkan berdasarkan keputusan menteri pendidikan nasional, dan/atau menteri agama dalam hal yang terkait dengan  hari raya keagamaan, kepala daerah tingkat kabupaten/kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
5.        waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
6.        libur jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun.
7.        sekolah dapat menentukan libur keagamaan lebih panjang, mengatur hari libur keagamaan dengan tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
8.        sekolah mengalokasikan waktu kegiatan khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
9.        hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap sekolah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat/Propinsi/Kabupaten.


















1.   1  Format Perhitungan Minggu Efektif dan Jumlah Jam Efektif
DISTRIBUSI  ALOKASI WAKTU
Satuan Pendidikan                          : SMP IT LUQMAN AL HAKIM
Mata Pelajaran                                 :
Kelas                                                     :
Semester                                            : I
Tahun Pelajaran                               : 2015/2016

1.       Banyaknya Minggu/ Jam Pelajaran
No
Bulan
Minggu
Jam Pelajaran
1
Juli
4
.....jam pelajaran
2
Agustus
4
..... jam pelajaran
3
September
5
..... jam pelajaran
4
Oktober
4
..... jam pelajaran
5
November
4
..... jam pelajaran
6
Desember
3
..... jam pelajaran


23 Minggu
..... jam pelajaran

2.       Banyak Minggu/ Jam Pelajaran yang tidak efektif
No
Kegiatan
Minggu
Jam Pembelajaran
Ket
1
MOS, SANLAT
1
.....jam pelajaran
2
Libur Puasa, Lebaran
2
.....jam pelajaran
3
Mukhoyam
1
.....jam pelajaran
4
Ulangan Tengah Semester
1
..... jam pelajaran
5
UAS
1
.....jam pelajaran

Jumlah
6 Minggu
..... jam pelajaran


3.       Banyak Minggu Efektif                                   = 24 Minggu – 6 Minggu                                = 18 Minggu
4.       Banyaknya Jam Pelajaran Efektif                               = ...... x 17 Minggu                           =   ... Jam Pelajaran

Mengetahui,                                                                                                                                      Slawi, 10 Juli 2015
Kepala Sekolah                                                                                                                                 Guru Mapel


Sudirman, S.Pd.                                                                                                                                  ...............................................









DISTRIBUSI  ALOKASI WAKTU
Satuan Pendidikan                          : SMP IT LUQMAN AL HAKIM
Mata Pelajaran                                 : 
Kelas                                                     :
Semester                                            : II
Tahun Pelajaran                               : 2015/2016

1.       Banyaknya Minggu/ Jam Pelajaran
No
Bulan
Minggu
Jam Pelajaran
1
Januari
4
......jam pelajaran
2
Februari
4
..... jam pelajaran
3
Maret
5
..... jam pelajaran
4
April
4
..... jam pelajaran
5
May
4
..... jam pelajaran
6
Juni
3
..... jam pelajaran


24 Minggu
..... jam pelajaran

2.       Banyak Minggu/ Jam Pelajaran yang tidak efektif
No
Kegiatan
Minggu
Jam Pembelajaran
Ket
1
Mukhoyam
1
5 jam pelajarn
2
Ulangan Tengah Semester
1
5 jam pelajaran
3
UKK
1
5 jam pelajaran
4
Ujian Sekolah
2
10 jam pelajaran
5
Ujian Nasional
1
5 jam pelajarn

Jumlah
6 Minggu
50 jam pelajaran


3.       Banyak Minggu Efektif                                   = 24 Minggu –  6 Minggu               = 18 Minggu
4.       Banyaknya Jam Pelajaran Efektif                               = ....... x 18 Minggu                          =  ..... Jam Pelajaran

Mengetahui,                                                                                                                                      Slawi, 10 Juli 2015
Kepala Sekolah                                                                                                                                 Guru Mapel

Sudirman, S.Pd.                                                                                                                                .................................................


















D.         PROSES PEMBELAJARAN
1.           Perencanaan proses pembelajaran
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun perencanaan pembelajaran antara lain:
1)         Kepala sekolah ikut memantau dan menjamin mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dan program pendidikan tambahan yang dipilihnya melalui kegiatan supervisi sekolah.
2)       Kegiatan pembelajaran didasarkan pada standar kompetensi kelulusan, standar isi, dan peraturan pelaksanaannya, serta standar proses dan standar penilaian
3)       Setiap guru membuat administrasi perencaan pembelajaran yang meliputi:
3.1  Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Format 3.1
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan                : SMP IT Luqman Al Hakim
Mata Pelajaran                       : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : IX / 1 da 2
Tahun Pelajaran                     : 2015/2016.

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu

3.2  Program Tahunan
Format 3.2
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah                                                : .SMPIT LUQMAN AL HAKIM
Mata Pelajaran                 : IPA
Kelas / Semester              : IX / 1 dan 2
Tahun pelajaran               : 2015/16
Sem
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket










3.3      Program Semester
Format Program Semester 3.3 ( terlampir)

3. 4    Silabus
Format Silabus 3.4 ( Terlampir)
Silabus memuat:
a.     Standar Kompetensi
b.     Kompetensi Dasar
c.     Karakter yang diharapkan
d.     Materi Pokok Pembelajaran dan Penambahan Ke – IT-an
e.     Kegiatan Pembelajaran
f.      Indikator
g.     Penilaian memuat KMTT dan KMT
h.     Alokasi Waktu
i.       Sumber Belajar

3.5 Rencana Pembelajaran

RPP yang dikembangkan guru memuat:
a.        identitas mata pelajaran;
b.        Standar Kompetensi (SK);
c.        Kompetensi Dasar (KD) dari silabus yang akan dicapai;
d.        Karakter yang diharapkan
e.        indikator pencapaian kompetensi;
f.         tujuan pembelajaran;
g.        materi ajar;
h.        alokasi waktu yang diperlukan;
i.         metode pembelajaran;
j.         kegiatan pembelajaran;
k.        sumber bahan.
l.          penilaian hasil belajar;

3.6 Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) belajar adalah tingkat pencapaian standar kompetensi dasar mata pelajaran oleh siswa permata pelajaran. Penentuan kriteria ketuntasan minimal belajar ini ditetapkan dengan memperhatikan ;
a.  Tingkat kompleksitas (kesulitan dan kerumitan)
b.  Tingkat kemampuan (intake) rata-rata siswa di sekolah
c. Ketersediaan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Meliputi : Tenaga pengajar, sarana, BOS, manajemen sekolah, kepedulian stakeholders.

Format 3.6 KKM

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Satuan Pendidikan               : SMP IT Luqman Al Hakim
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VIII
Tahun Pelajaran                    :
Kompetensi Dasar
KKM
Per
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kri                 Kriteria Ketuntasan Minimal
KKM
Per
Indikator
Kriteria Penentuan
K
DD
KS
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul


·       Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
·       Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion




2.     Pelaksanaan Proses Pembelajaran
       Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan proses pembelajaran antara lain:
1)    Kepala sekolah dalam pelaksanaan proses pembelajaran adalah membimbing guru dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah.
   Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi maka seorang guru perlu menetapkan beberapa prinsip dalam proses pembelajaran antara lain:
a.        Dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu;
b.        Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajarmenjadi belajar berbasis aneka sumberbelajar;
c.        Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
d.        Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi;
e.        Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
f.         Daripembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju 2 pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;
g.        Daripembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif;
h.        Deningkatandankeseimbanganantaraketerampilan fisikal (hardskills) danketerampilan mental (softskills); 9. Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan danpemberdayaanpesertadidiksebagai pembelajar sepanjanghayat;
i.         Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan(ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani);
j.         Pembelajaranyang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
k.        Pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas.
l.         Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan
m.      Pengakuan atas perbedaan individualdan latar belakang budayapeserta didik. 
          Dalam permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, mengatur pengelolaan kelas sebagai persyaratan pelaksanaan Pembelajaran sebagai berikut:
a.        Guru mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran, serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan;
b.        Volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh siswa;
c.        Tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh siswa;
d.        Guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa;
e.        Guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajar­an;
f.         Guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung;
g.        Guru menghargai siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan sta­tus sosial ekonomi;
h.        Guru menghargai pendapat siswa;
i.         Guru memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi;
j.         Pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkannya; dan
k.        Guru memulai dan mengakhiri proses pembela­jaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.

2)    Supervisi kepala sekolah, kesesuaian RPP dengan pelaksanaan proses pembelajaran, dan hasil penilaian berbasis kelas yang dilakukan oleh guru.  Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, meliputi:
2.1       Kegiatan pendahuluan, guru;
2.1.1               Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.1.2              Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
2.1.3              Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
2.1.4              Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2.2        Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).
2.2.1  EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
2.2.1.1           Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
2.2.1.2         Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
2.2.1.3         Memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
2.2.1.4         Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
2.2.1.5         Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.
2.2.2            ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
2.2.2.1         Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
2.2.2.2        Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
2.2.2.3        Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
2.2.2.4        Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
2.2.2.5        Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
2.2.2.6        Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok
2.2.2.7        Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
2.2.2.8        Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
2.2.2.9        Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.
2.2.3            KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
2.2.3.1         Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
2.2.3.2        Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
2.2.3.3        Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
2.2.3.4        Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
2.2.3.5        Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
2.2.3.6        Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
2.2.3.7        Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan
2.2.3.8        Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
2.3        Kegiatan Penutup
 Dalam kegiatan penutup, guru:
2.3.1              Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.3.2             Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
2.3.3            Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
2.3.4            Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa.
2.3.5            Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3. Administrasi Penilaian Hasil pembelajaran
Tugas Kepala Sekolah dalam administrasi penilaian hasil belajarpeserta didik antra lain:
1)         Membimbing Wk. Kurikulum dan guru   dalam menyusun program penilaian hasil belajar yang berkeadilan, betanggung jawab dan berkesinambungan.
2)       Membimbing Wk. Kurikulum dan guru dalam menyusun program penilaian hasil belajar didasarkan pada Standar penilaian Pendidikan
3)       Membimbing Wk. Kurikulum dan guru dalam menila hasil belajar untuk seluruh kelompok mata pelajaran  dan membuat catatan kseluruhan untuk menjadi bahan program remedial  klarifikasi capaian ketuntasan yang direncanakan, laporan kepada pihak yang memerlukan, pertimbangan kenaikan kelas atau kelulusan dan dokumentasi.
4)       Program penilaian hasil belajar perlu ditinjau secara periodik, berdasarkan data kegagalan dan kendala pelaksanaan program dalam rangka mendapatkan rencana penilaian yang lebih adail dan bertanggung jawab
5)       Membimbing Wk. Kurikulum dan guru dalam menetapkan prosedur yang mengatur trasparasi sistem evaluasi hasil belajar untuk penilai formal yang berkelanjutan . Semua guru mengembalikan hasil kerja siswa yang sudah dinilai
6)       Membimbing Wk. Kurikulum dan guru dalam menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional yang mengatur mekanisme penyampaian ketidakpuasan peserta didik dan penyelesaianya mengenai penilaian hasi belajar dengan memperhatikan hal-hal berikut:
6.1  Penilaian meliputi semua kompetensi dan materi yang diajarkan
6.2 Seperangkat metode penilaian perlu disiapkan dan digunakan secara terencana untuk tujuan diagnostik, formatif, dan sumatif sesuai dengan metode/strategi pembelajaran yang digunakan
7)      Membimbing Wk. Kurikulum dan guru menyusun ketentuan pelaksanaan penilaian hasil belajar sesuai dengan standar penilai pendidikan. Selanjutnya Wk. Kurikulum dan guru melaporkan hasil belajar kepadaorang tua peserta didik, komite sekolah dan institusi diatasnya.
Format administrasi ( Terlampir)

BAB IV
PROGRAM KERJA KURIKULUM


A.         Tabel rencana kegiatan wakil kepala madrasah bidang kurikulum:
No
Rencana Kegiatan
RencaanPelaksanaan
Pelaksanaan
1
PERSIAPAN
1. Rapat Kerja
2. Membuat Tim Pengembang Kurikulum
3. Menjabarkan kalender pendidikan
4.  Mengatur pembagian tugas guru
5. Pembagian Kelas dan merumuskan nama Wali Kelas
6. Membuat jadwal pengajaran
7. Mengatur jadwal piket guru
8. Menyusun Program Kurikulum
9.  Menyusun KTSP
10. Penyusunan Peraturan Akademik
11. Menyiapkan Administrasi guru dan Administrasi Kelas
12. Penyusunan Administrasi Rencana Pembelajara

 Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
 Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
 Juni 2015
Juni 2015
 Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
 Juni 2015


2
PELAKSANAAN
1. Memantau jalannya PBM
2. Memantau jalannya Piket

Juli 2014- Juni 2015
Juli 2014- Juni 2015



3
KEGIATAN EVALUASI DAN UJIAN
1. Memantau pelaksanaan Ulangan Harian
2. Membentuk Panitia Ulangan Tengah Semester I
3. Pelaksanaan Ulangan Tengah Semester I
4. Pembagian Hasil Ulangan Tengah Semester I
5. Membentuk Panitia Ulangan Akhir Semester I
6. Pelaksanaan Ulangan Akhir Semester I
7. Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar
8. Membentuk panitiaSukses  UN dan US
9. Pelaksanaan Try Out I, II,III, IV dan V
10. Membentuk Panitia Ulangan Tengah Semester II
11. Pelaksanaan Ulangan Tengah Semester II
12. Pembagian Hasil Ulangan Tengah Semester II
13.Membuat POS Madrasah UN dan US
14. Pelaksanaan US
15. Pelaksanaan UN
16. Membentuk Panitia Ulangan Kenaikan Kelas
17. Pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas
18. Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar

Juli 2015 – Juni 2016
23 September 2015
28 September-10 Oktober
17 Oktober 2015
11 November 2015
30 November-12 Desember 2015
19 Desember 2015
Desember 2015
Januari-April 2016
10 Februari 2016
29 Februari-12 Maret 2016
19 Maret 2016
 Februari 2016
21 Maret -2 April 2016
18-21 April 2016
4 Mei 2016
 30 Mei-11 Juni 2016
18 Juni 2016







4
MENYUSUN LAPORAN KEGIATAN
1. Kegiatan Semester I dan II
2. Kegiatan UN dan US

Desember  2015 dan Juni 2016
Mei 2016

5
EVALUASI KEGIATAN
1. Semester 1
2. Semester 2
3 UN dan US

Desember 2015
Juli 2016
Juli 2015




















BAB  IV
PENUTUP

1. KESIMPULAN
Penyusunan Program Kerja ini berdasarkan kebutuhan agar pelaksanaan penyelenggaraan kurikulum tahun pelajaran 2015/2016 di  SMP IT Luqman Al Hakim berjalan dengan lancar.
2. SARAN-SARAN
Untuk mencapai hasil kerja yang maksimal serta pelaksanaan yang lebih baik, kritik dan saran yang sifatnya membagun sangat kami harapkan dari semua pihak, terutama kepala , Agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran berikutnya dapat berjalan dengan lebih baik lagi.




Program Kerja Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim Slawi 2015/2016

0 Response to "Program Kerja Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim Slawi 2015/2016"

Posting Komentar