Program Kerja Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim Slawi 2015/2016
PENGESAHAN
PROGRAM
KERJA KURIKULUM
SMPIT
LUQMAN AL HAKIM
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Telah
diteliti dan disahkan penggunaannya
di
SMP IT LUQMAN AL HAKIM
pada
tanggal 1 Juli 2015
dan
dinyatakan berlaku untuk Tahun Pelajaran 2015 / 2016
Slawi, 1 Juli 2015
Kepala Sekolah Wakasek
Kurikulum
Sudirman, S.Pd Asri Nur Prihatin,
S.Pd. Si
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur dipersembahkan ke hadirat Allah Yang
Maha Kuasa , atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan
penyusunan Program Kurikulum SMPIT Luqman Al Hakim Tahun Pelajaran 2015/2016.
Program ini merupakan penyempurnaan dari program tahun-tahun sebelumnya.
Tujuan penyusunana Program Kerja ini sebagai acuan dan pedoman
yang harus dikerjakan oleh Waka. Kurikulum selama tahun pelajaran 2015/2016.
Semoga dengan adanya Program Kerja Kurikulum ini akan meningkatkan kinerja
sesuai dengan Visi Misi SMP IT Luqman Al Hakim.
Tersusunnya Program Kerja Kurikulum ini berkat dukungan dan
kerja sama semua stakeholder. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih dan
penghargaan yang setinggi - tingginya kepada :
1.
Kepala Dinas
Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Tegal beserta jajarannya yang telah
memfasilitasi tersusunnya Kurikulum ini;
2.
Pengawas SMP
Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Tegal yang telah membimbing
penyusunan kurikulum;
3.
Pendidik dan
Tenaga Kependidikan SMP IT Luqman Al Hakim yang secara proaktif telah
memberikan masukan, pertimbangan dan kelengkapan data;
4.
Ketua Komite
SMP IT Luqman Al Hakim yang telah memberikan masukan dan dorongan terhadap
pelaksanaan pendidikan di SMP IT Luqman Al Hakim;
5.
Semua pihak
yang telah mendukung tersusunnya kurikulum ini.
Penyusun menyadari bahwa Program
Kerja Kurikulum ini masih belum sempurna dari harapan, oleh karena itu penyusun
mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari semua pihak untuk
perbaikan Program Kerja ini pada masa yang akan datang.
Slawi, 1 Juli 2015
Waka. Kurikulum
Asri Nur Prihatin, S.Pd. Si
DAFTAR
ISI
HALAM JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................................................................. ii
DAFTAR ISI......................................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................................................. 1
A. Latar Belakang....................................................................................................... 1
B. Pengertian Kurikulum............................................................................................ 1
C. Dasar..................................................................................................................... 2
D. Tujuan.................................................................................................................... 3
E. Target dan Sasaran............................................................................................... 3
BAB II PROFIL
SEKOLAH........................................................................................................................ 5
A.Data Siswa.............................................................................................................. 6
B. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan.............................................................. 6
C. Data Ruang............................................................................................................ 6
D. Data Prestasi Siswa.............................................................................................. 6
BAB III ADMINISTRASI
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN....................................................................... 10
A.Struktur Kurikulum................................................................................................. 10
B. Pengaturan Beban
Belajar...................................................................................... 11
C. Kalender Akademik................................................................................................. 12
D. Proses
Pembelajaran............................................................................................ 18
BAB
IV PROGRAM KERJA KURIKULUM.................................................................................................. 23
BAB V
PENUTUP ............................................................................................................................... 25
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.Format program Semester
2.Format Silabus
3.Format Administrasi Penilaian Guru
4.Format Adminis trasi Kelas
5. Format Daftar Hadir Guru
6. Jadwal, Tugas dan Absensi Piket Guru
7. Format Program Remedial dan Pengayaan
BAB I
PENDAHULUHAN
A. LATAR
BELAKANG
Standar Nasional pendidikan bertujuan menjamin mutu
pendidikan nasional ( dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Dalam rangka mencapai tujuan
tersebut, peraturan pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan menetapkan & standar yang harus dipenuhi dalam melaksanakan
pendidikan. Salah satu standar yang dikembangkan oleh bidang kurikulum adalah
membelajarkan peserta didik sesuai dengan standar isidan standar kompetensi
kelulusan.
Oleh karenaitu bidang kurikulum membuat program kerja
kurikulum. Dalam program kerja ini mengambarkan tentang kurikulum yang ada di
SMP IT Luqman Al Hakim. Program kerja ini diharapkan mampu mencapai tujuan di
atas.
B. PENGERTIAN KURIKULUM
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan
mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai
pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Tujuan tertentu ini, meliputi tujuan pendidikan nasional yang sesuai
dengan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta
didik. Oleh sebab itu program kurikulum disusun oleh wakil bidang kurikulum SMP
IT Luqman Al Hakim untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan
kebutuhan dan potensi yang ada di SMP IT
Luqman Al Hakim.
SMP Islam Terpadu Luqman Al Hakim adalah sekolah
yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan
pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini semua
mata pelajaran dan semua kegiatan tidak lepas dari bingkai dan pesan ajaran
islam dan juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga dapat
mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan konatif.
Kurikulum SMP Isalm Terpadu berupaya untuk
mengoptimalkan dan sinkronisasi peran guru, orang tua dan masyarakat dalam
proses pengelolaan sekolah dan pembelajaran sehingga terjadi sinergi yang
konstruktif dalam membangun kompetensi dan karakter siswa. Selain itu SMP IT
Luqman Al Hakim sebagai bagian dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT ) juga
memiliki beberapa karakteristik, yaitu:
1.
Menjadikan
Islam sebagai landasan filosofi .
Sekolah hendaknya menjadikan Al Qur’an dan As Sunnah sebagai rujukan dan pedoman dasar bagi penyelenggaranya dan
proses pendidikan
2.
Mengintegrasikan nilai
Islam kedalam bangunan kurikulum.
Seluruh bidang ajar dalam bangunan kurikulum dikembangkan melalui perpaduan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Al Qur’an dan As Sunah dengan nilai-nilai IlmuPengetahuan Umum
yang diajarkan.
3.
Menerapkan dan mengembangkan metode pembelajaran untuk mencapai optimalisasi
proses belajar mengajar. Mencapaisekolah Islam Terpadu yang efektif dan bermutu sangat ditentukan oleh kemampuan
guru dalam mengembangkan proses belajar mengajar yang metodologis, efektif dan strategis dengan menggunakan pendekatansaintifik.
4.
Mengedepankan qudwah hasanah dalam membentuk karakter peserta didik.
Seluruh tenaga kependidikan menjadi contoh bagi peserta didik. Keteladanan akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar.
5.
Menumbuhkan biah solihah dalam iklim dan lingkungan sekolah menumbuhkan kemaslahatan dan meniadakan kemaksiatan dan kemungkaran.
Seluruh dimensi kegiatan sekolah senantiasa bernafaskan semangat nilai dan pesan-pesan islam. Adab dan etika pergaulan seluruh warga sekolah dan lingkungannya, tata tertib dan aturan, penataan lingkungan,
pemungsian masjid ,aktivitas belajar dan mengajar berbagai kegiatan sekolah semuanya mencerminkan realisasi dari ajaran islam.
6.
Melibatkan peran-serta
orang tua dan masyarakat dalam mendukung tujuan pendidikan.
Ada kerjasama yang sistematis dan efektif antara orang tua dalam mengembangkan dan memperkaya kegiatan pendidikan dalam berbagai aneka program. Guru dan orang tua saling bahu-membahu dalam memajukan kualitas sekolah.
7.
Mengutamakan nilai ukhuwah dalam semua interaksi antar warga sekolah
Kekerabatan dan persaudaraan diantara para guru dan karyawan sekolah dibangun atas prinsip nilai-nilai islam.
8.
Membangun budaya rawat,
resik, rapih, runut, ringkas, sehat dan asri.
Kebersihan bagian dari iman, kebersihanpangkalkesehatan. Hadisdan slogan yang sangatbersajaselayaknyamenjadibudaya
SEKOLAH ISLAM TERPADU
9.
Menjaminseluruh
proses kegiatan sekolah untuk selalu berorintasi pada mutu. Ada manajemen mutu terpadu yang mampu menjamin kepastian kualitas penyelenggaraan sekolah.
10. Menumbuhkan budaya profesionalisme yang tinggi dikalangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
Sekolah membuat program danfasilitas yang menunjang munculnya kebiasaan
professional dikalangan kepala sekolah, guru dan karyawan profesi dalam berbagaikegiatan ilmiah.
C. DASAR
- Undang –undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional
- Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan.
- Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan
Penyelenggaraan Pendidikan.
- Inpres
No. 6 Th. 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif
- Inpres
No. 1 Th 2010 ttg Percepatan Pelaksanaan
Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010 (Pengembangan
Karakter)
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang
Standar Isi.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang
Standar Kompetensi Lulusan
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang
Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006
tentang Standar Isi dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23
Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang
Standar Penilaian Pendidikan.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang
Sarana dan Prasarana.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 29 Tahun 2007 tentang
Standar Pengelolaan.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang
Standar Proses.
14.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 Tahun 2009 tentang Standar Pembiayaan.
15.
Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor: 423.5/5/2010
Tentang Kurikulum mata Pelajaran Muatan Lokal ( Bahasa Jawa) untuk jenjang
pendidikan SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTS Negeri dan Swasta
16.
Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa
Tengah Nomor: 420/03004 Tentang Perubahan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan
Provinsi Jawa Tengah Nomor: 420/02584 Tentang Pedoman Penyusunan Kalender
Akademik Tahun Pelajaran 2015/2016
- AD/ART Jaringan Sekolah Islam Terpadu ( JSIT )
- Buku Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu
D. TUJUAN
1)
Dari sudut manjemen program
kerja kurikulum in ibertujuan untu kmeningkatkan kemampuan semua unsur yang
terlibat dalam proses belajar mengajardi SMP IT Luqman Al Hakim dalam ha lmerencanakan,
mengkoordinasikan, melaksanakan dan mengendalikan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab
masing-masing.
2)
Dari sudut Paedagogik program
kerja kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar itu
sendiri melalui peningkatan disiplin yang tinggi.
3)
Dari sudut pelaksanaan kebijakan
Departemen pendidikan Nasional, program kerja kurikulum ini bertujuan untuk ikut
serta dalam melaksanakan wajib belajar Pendidikan dasar 9 tahun
4)
Sebagai acuan bagi tenaga kependidikan
di SMPIT Luqman Al Hakim dalam penyenggaraan pendidikan pada umumnya dan proses
belajar mengajar pada khususnya.
5)
Sebagai pedoman bagi para guru
agar dapat melaksanakan tugas secara optimal,sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai
secara efektif dan efisien.
E. TARGET DAN SASARAN
Target program kurikulum yaitu:
1.
Tersusunnya
administrasi pengajaran yang baik
2.
Terselenggaranya
proses belajar mengajar yang efektif dan efisien
3.
meningkatnya
kedisiplinan guru, siswa, dan personil sekolah lainnya
4.
meningkatnya mutu
pendidikan
Sasaran
program kurikulum yaitu:
I.
Guru
1.
Semua guru dapat mempersiapkan perangkat administrasi pengajaran sesuai dengan
kurikulum yang berlaku, seperti:
-
Program Tahunan
-
Program Semester
-
Silabus
-
RPP
-
Program Remedial
-
Program Pengayaan
.2.
Semua guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan baik
sesuai dengan kurikulum yang berlaku
3.
Semua guru dapat melaksanakan evaluasi, analisis, dan daya serap siswa
4.
Semua guru melakukan perbaikan/remedial terhadap siswa yang belum tuntas
belajar, dan pengayaan terhadap siswa yang sudah tuntas.
II.
Siswa
1.
Tercapainya target kurikulum secara maksimal ditandai dengan berhasil naiknya
siswa kelas VII ke kelas VIII, kelas VIII ke kelas IX dan lulusnya siswa kelas IX
2.
Tercapainya mutu pendidikan yaitu ditandai dengan banyaknya siswa yang
melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya
3.
Membekali keterampilan siswa yang tidak dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
III.
Wali Kelas
1.
Dapat melaksanakan bimbingan terhadap kelas yang dipimpinnya
2.
Dapat melaksanakan managemen kelas yang baik dan melakukan pengisian buku leger
kelas yang menjadi tanggung jawabnya
3.
Dapat melakukan pengisian buku laporan pendidikan yang baik dan benar sesuai
dengan waktu yang telah ditetapkan
BAB II
PROFIL SEKOLAH
1.
Nama Sekolah :
SMPIT Luqman Al Hakim
2. Nomor
Statistik Sekolah (NSS) :
202033281089
3. N P S N :
20340892
4. Alamat
Sekolah : Mada No 77 Kalisapu
Kecamatan :
Slawi
Kabupaten :
Tegal
Kode Pos :
52416
Provinsi : Jawa Tengah
Nomor
Telepon :
(0283) 6132828
5.
Nama Yayasan
(bagi swasta) :
ULIN NUHA
Alamat Yayasan : Jl. Gajah Mada
no 77 Kalisapu, Kec. Slawi, Kab. Tegal
Nomor Telepon : (0283) 491112
6.
No. Akta
Pendirian Terakhir :
C-877.HT.01.02. Th. 2007 (MENKUMHAM)
7.
Tahun Berdiri
Sekolah :
2006
8.
Status
Akreditasi :
Terakreditasi C
9.
No. SK
Ijin Operasional : 420/0939/2006
10. Nama Bank :
BRI
No.
Rekening :
0661-01-013352-50-7
Atas
Nama :
SMP IT LUQMAN AL HAKIM
No.
NPWP :
01.527.568.8-501.000
Atas
Nama NPWP :
YAY. ULIN NUHA
Luas
Lahan :
4185 m2
11. Visi Sekolah :
Pelopor Pendidikan Islam Berkualitas
yang Berwawasan Internasional
12. Misi Sekolah :
1. Membentuk siswa-siswi yang berfikir
kritis, cerdas, terampil dan bertaqwa.
2.
Membekali
life skill untuk siswa-siswi sesuai dengan jenjang pendidikannya.
3.
Mengantar
siswa-siswi meniti jenjang pendidikan selanjutnya.
A.
Data siswa
No.
|
Kelas
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah
|
|
Putra
|
Putri
|
|||
1.
|
Kelas 7.1
|
9
|
12
|
21
|
2.
|
Kelas 7.2
|
14
|
15
|
29
|
3.
|
Kelas 7.3
|
10
|
20
|
30
|
4
|
Kelas 7.4
|
10
|
20
|
30
|
4.
|
Kelas 8.1
|
22
|
10
|
32
|
5.
|
Kelas 8.2
|
15
|
18
|
33
|
6.
|
Kelas 8.3
|
14
|
19
|
33
|
7.
|
Kelas 9.1
|
26
|
4
|
30
|
8.
|
Kelas 9.2
|
23
|
7
|
30
|
9.
|
Kelas 9.3
|
4
|
26
|
30
|
Total
|
147
|
151
|
298
|
B.
Data pendidik dan tenaga kependidikan
No.
|
Jabatan
|
Jumlah
|
Total
|
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
|||
1.
|
Kepala Sekolah
|
1
|
-
|
1
|
2.
|
Guru
|
9
|
10
|
19
|
3.
|
Karyawan
|
1
|
1
|
2
|
Total
|
11
|
8
|
22
|
C.
Data ruang
Jenis Ruangan
|
Jml
|
Ukuran (m)
|
Jenis Ruangan
|
Jml
|
Ukuran (m)
|
1. Kelas
|
9
|
7 x 9
|
5. Perpustakaan
|
-
|
7 x 9
|
2. Ruang Guru
|
1
|
7 x 9
|
6. Lab. IPA
|
1
|
7 x 15
|
3. Ruang KS
|
1
|
4 x 4
|
7. Lab Multimedia
|
1
|
7 x 9
|
4. Ruang TU
|
1
|
4 x 9
|
8. Toilet
|
6
|
2
x 2
|
D.
Data Prestasi Siswa
KEJUARAAN YANG PERNAH DIRAIH SMPIT
LUQMAN AL HAKIM SLAWI
|
||||||
PERIODE 2011-2015
|
||||||
NO
|
TAHUN
|
JENIS PERLOMBAAN
|
NAMA
|
PERINGKAT
|
PENYELENGGARA
|
TINGKAT
|
1
|
2011
|
Futsal
|
Regu
|
1
|
FKMPT Tegal
|
Kabupaten
|
2
|
2011
|
Seni Kriya
|
Hanif Nurhafni
|
3
|
FLS2N
|
Kabupaten
|
3
|
2011
|
Kecepatan Rubrik
|
Adam Wira Hadi
|
1
|
Book Fair
|
Kabupaten
|
4
|
2011
|
Kecepatan Rubrik
|
2
|
Book Fair
|
Kabupaten
|
|
5
|
2011
|
SBK
|
Safira
|
2
|
OMP JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
6
|
2011
|
Keagamaan
|
Regu
|
1
|
LT III Kwarcab
|
Kabupaten
|
7
|
2012
|
Biologi
|
Abdul Ghofar Ismail
|
1
|
OSN
|
Kabupaten
|
8
|
2012
|
Matematika
|
M.Firdaus
|
3
|
OSN
|
Kabupaten
|
9
|
2012
|
Sepak Takrow
|
Regu
|
3
|
POPDA
|
Kabupaten
|
10
|
2012
|
Ganas Poster Competition
|
Regu
|
2
|
SMA 1 Slawi
|
Kabupaten
|
11
|
2012
|
LCC Pramuka
|
Regu
|
2
|
SMA 1 Slawi
|
Kabupaten
|
12
|
2012
|
Kemwil
|
Regu
|
Juara Umum
|
Kemwil JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
13
|
2012
|
Scout Adventure
|
Regu
|
1
|
Kemwil JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
14
|
2012
|
Pionering
|
Regu
|
2
|
Kemwil JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
15
|
2012
|
Menaksir tinggi
|
Regu
|
1
|
Kemwil JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
16
|
2012
|
Menaksir tinggi
|
Regu
|
1
|
Kemwil JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
17
|
2012
|
KIM Mengingat
|
Regu
|
2
|
Kemwil JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
18
|
2012
|
Paradise Tend
|
Regu
|
2
|
Kemwil JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
20
|
2013
|
Seni Tari
|
Regu
|
2
|
FLS2N
|
Kabupaten
|
21
|
2013
|
Vokal Group
|
Regu
|
3
|
FLS2N
|
Kabupaten
|
22
|
2013
|
Robotik
|
Raihan Iliyyin
|
2
|
JSIT Jateng
|
Propinsi
|
23
|
2013
|
SBK
|
Regu
|
3
|
OMP JSIT
|
Propinsi
|
24
|
2013
|
Tolak Peluru
|
Hasna Fauziah
|
1
|
POPDA
|
Kabupaten
|
25
|
2013
|
Siswa Berprestasi
|
Zahra Jamilah
|
3
|
Dikpora
|
Kabupaten
|
26
|
2013
|
Siswa Berprestasi
|
Ghozi Murtadho
|
5
|
Dikpora
|
Kabupaten
|
27
|
2013
|
Senam Lantai
|
Yoga
|
2
|
POPDA
|
Kabupaten
|
28
|
2013
|
Tenis Meja
|
Husna Karimah
|
3
|
POPDA
|
Kabupaten
|
29
|
2013
|
Tahfidz
|
A.Zaqi Hilmi Sabar
|
3
|
MAPSI
|
Kabupaten
|
30
|
2013
|
K-3
|
Sekolah
|
3
|
BLH
|
Kabupaten
|
31
|
2013
|
Modern Dance
|
Regu
|
2
|
FLS2N
|
Kabupaten
|
32
|
2013
|
Tekhnologi Adventure
|
Regu
|
1
|
SMK2 Slawi
|
Kabupaten
|
33
|
2013
|
Karya Ilmiah Tepat Guna
|
Aditya Ilhamul H
|
3
|
SMK2 Slawi
|
Kabupaten
|
34
|
2013
|
Pionering
|
Regu
|
3
|
Jamcab
|
Kabupaten
|
35
|
2013
|
K-3 Pertendaan
|
Regu
|
1
|
Jamcab
|
Kabupaten
|
36
|
2013
|
Tekhnologi Informatika
|
Regu
|
3
|
Jamcab
|
Kabupaten
|
37
|
2013
|
Tapak Suci Kelas C
|
2
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
38
|
2013
|
Tapak Suci Kelas D
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
39
|
2013
|
Tapak Suci Kelas D
|
1
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
40
|
2013
|
Tapak Suci Kelas E
|
1
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
41
|
2013
|
Tapak Suci Kelas F
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
42
|
2013
|
Tapak Suci Kelas G
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
43
|
2013
|
Tapak Suci Seni
|
Regu
|
2
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
44
|
2013
|
Tapak Suci Kelas A
|
2
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
45
|
2013
|
Tapak Suci Kelas C
|
1
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
46
|
2013
|
Tapak Suci Kelas C
|
2
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
47
|
2013
|
Tapak Suci Kelas D
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
48
|
2013
|
Tapak Suci Kelas E
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
49
|
2013
|
Tapak Suci Kelas E
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
50
|
2013
|
Tapak Suci Kelas F
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
51
|
2013
|
Tapak Suci Kelas F
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
52
|
2013
|
Tapak Suci Kelas G
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
53
|
2013
|
Tapak Suci Kelas G
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
|
54
|
2013
|
Tapak Suci
|
Regu
|
Juara Umum 3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
56
|
2014
|
Pencak silat
|
Regu
|
Juara Umum 2
|
POPDA
|
Kabupaten
|
57
|
2014
|
Tenis Meja
|
Husna Karimah
|
3
|
POPDA
|
Kabupaten
|
58
|
2014
|
Cerdas cermat PAI
|
Regu
|
2
|
MAPSI
|
Kabupaten
|
59
|
2014
|
Cerdas cermat Mapel
|
Regu
|
2
|
Dikpora
|
Kabupaten
|
60
|
2014
|
Tahfidz Al quran
|
Toriq Abdillah
|
3
|
MAPSI
|
Kabupaten
|
61
|
2014
|
Modern Dance
|
Regu
|
4
|
FLS2N
|
Kabupaten
|
62
|
2014
|
LCTP Pramuka
|
Regu
|
1
|
SMKN2 Slawi
|
Kabupaten
|
63
|
2014
|
Poster
|
Regu
|
1
|
SMKN2 Slawi
|
Kabupaten
|
64
|
2014
|
Scout Adventure
|
Regu
|
2
|
SMKN2 Slawi
|
Kabupaten
|
65
|
2014
|
Memasak Jajanan tegal
|
Regu
|
3
|
SMKN2 Slawi
|
Kabupaten
|
66
|
2014
|
Poster
|
Regu
|
3
|
SMKN2 Slawi
|
Kabupaten
|
67
|
2014
|
LCTP Pramuka
|
Regu
|
2
|
SMKN2 Slawi
|
Kabupaten
|
68
|
2014
|
Memasak Jajanan tegal
|
Regu
|
2
|
SMKN2 Slawi
|
Kabupaten
|
69
|
2014
|
Tenis Lapangan
|
M.Gemas Al Gusti
|
3
|
POPDA
|
Kabupaten
|
70
|
2014
|
Cerdas cermat PAI
|
Regu
|
2
|
OMP JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
71
|
2014
|
Roket Air
|
Regu
|
3
|
OMP JSIT
|
Propinsi Jateng-Jogya
|
72
|
2014
|
Modern Dance
|
Regu
|
1
|
Toserba
|
Kabupaten
|
73
|
2014
|
Perkemahan PMR Jumbara
|
Regu Putra
|
1
|
PMI
|
Kabupaten
|
74
|
2014
|
Perkemahan PMR Jumbara
|
Regu Putri
|
1
|
PMI
|
Kabupaten
|
75
|
2015
|
Tapak Suci Kelas B
|
Teguh Bayu A.
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
76
|
2015
|
Tapak Suci Kelas C
|
Muamar Kadafie
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
77
|
2015
|
Tapak Suci Kelas D
|
Candra Ramadhan
|
2
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
78
|
2015
|
Tapak Suci Kelas E
|
Ikhsan Ibnu M
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
79
|
2015
|
Tapak Suci Kelas F
|
Hamzah S.Karen
|
1
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
80
|
2015
|
Tapak Suci Kelas G
|
Hendrik T.Wahono
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
81
|
2015
|
Tapak Suci Kelas H
|
Rizki Azzar F.
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
82
|
2015
|
Tapak Suci Kelas A
|
Isnaenurfi Hana
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
83
|
2015
|
Tapak Suci Kelas C
|
Andini Aulia
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
84
|
2015
|
Tapak Suci Kelas D
|
Astrid Widia
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
85
|
2015
|
Tapak Suci Kelas E
|
Rizka Putri N.
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
86
|
2015
|
Tapak Suci Kelas F
|
Qonita Izatun N
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
87
|
2015
|
Tapak Suci Kelas G
|
Dea safa
|
3
|
Kejurda
|
Kabupaten
|
88
|
205
|
Pencak silat Kelas B
|
Teguh Bayu A.
|
1
|
POPDA
|
Kabupaten
|
89
|
2015
|
Pencak silat Kelas G
|
Hamzah S.Karen
|
1
|
POPDA
|
Kabupaten
|
90
|
2015
|
Pencak silat Kelas F
|
Qonita Izatun N
|
1
|
POPDA
|
Kabupaten
|
91
|
2015
|
Pencak silat Kelas F
|
Candra Ramadhan
|
2
|
POPDA
|
Kabupaten
|
92
|
2015
|
Pencak silat Kelas C
|
Muamar Kadafie
|
3
|
POPDA
|
Kabupaten
|
93
|
2015
|
Pencak silat Kelas D
|
Rizka Putri N.
|
3
|
POPDA
|
Kabupaten
|
94
|
2015
|
Pencak Silat Putra
|
Regu
|
Umum 2
|
POPDA
|
Kabupaten
|
95
|
2015
|
Pencak silat Putri
|
Regu
|
Umum 3
|
POPDA
|
Kabupaten
|
96
|
2015
|
Tenis Meja
|
Nurfaiz Ramadhan
|
3
|
POPDA
|
Kabupaten
|
97
|
2015
|
Senam lantai
|
Musyadad
|
3
|
POPDA
|
Kabupaten
|
98
|
2015
|
OSN IPS
|
Syifatul Muizzati
|
2
|
Dikpora
|
Kabupaten
|
99
|
2015
|
LCC Pramuka Putra
|
Regu
|
3
|
Kwarcab
|
Kabupaten
|
100
|
2015
|
LCC Pramuka Putri
|
Regu
|
2
|
Kwarcab
|
Kabupaten
|
101
|
2015
|
LCC MAPSI
|
Regu
|
1
|
Dikpora
|
Kabupaten
|
102
|
2015
|
LCC MAPEL
|
Regu
|
2
|
Dikpora
|
Kabupaten
|
103
|
2015
|
Tahfidz MAPSI
|
A.Haidar Annuridy
|
3
|
Dikpora
|
Kabupaten
|
104
|
2015
|
Tahfidz MAPSI
|
Zulfa Nuraeni
|
2
|
Dikpora
|
Kabupaten
|
105
|
2015
|
Tahfidz Pentas PAI
|
A.Haidar Annuridy
|
1
|
Kemenag
|
Kabupaten
|
106
|
2015
|
Tahfidz Pentas PAI
|
Zulfa Nuraeni
|
2
|
Kemenag
|
Kabupaten
|
107
|
2015
|
Kaligrafi Putri
|
Ulya Alimah
|
IV
|
Dikpora
|
Kabupaten
|
108
|
||||||
BAB III
ADMINISTRASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
A.
STRUKTUR KURIKULUM
Sruktur
Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim berisi 10
mata pelajaran, muatan lokal, ciri khusus islam terpadu dan pengembangan diri
yang harus diberikan kepada peserta didik. Jumlah jam dalam satu minggu ada 48 jam dan
setiap jam pelajaran lamanya 40 menit.
Struktur Mata Pelajaran pada Kurikulum SMP IT Luqman Al
Hakim
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A. Mata Pelajaran
|
|||
1. Pendidikan
Agama*
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia *
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Inggris*
|
4
|
4
|
4
|
5. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
6. Ilmu Pengetahuan Alam*
|
4
|
4
|
4
|
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
8. Seni Budaya *
|
2
|
2
|
2
|
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan*
|
2
|
2
|
2
|
10. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi *
|
2
|
2
|
2
|
B. Muatan
Lokal
|
|||
1. Bahasa Jawa*
|
2
|
2
|
2
|
2. Pertiwi **
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
|
34
|
34
|
34
|
C. Ciri Khusus Islam Terpadu
|
|||
1. Bahasa Arab*
|
2
|
2
|
2
|
2. Tahfidz**
|
2
|
2
|
2
|
3. English Conversation**
|
2
|
2
|
2
|
D. Pengembangan Diri
|
8
|
8
|
8
|
1. Program Mentoring
|
|||
2. Ekskul Wajib (Pramuka, bela Diri)
|
|||
3. Eskul Pilihan (MIPA, English, Sport,
Seni, Jurnalistik)
|
|||
Jumlah
|
48
|
48
|
48
|
Catatan:
1.
* mencantumkan
nilai tertulis dan nilai praktek
2. ** hanya
mencantumkan nilai praktek
3.
Program Pengembangan diri (ekstrakurikuler) yang
terdapat di sekolah pada umumnya, di SMP IT Luqman Al Hakim di masukkan ke
dalam program intrakurikuler sehingga tidak ada pemisahan antara intrakurikuler
maupun ekstrakurikuler.
4.
Jam
pembelajaran dalam satu minggu ada 48 jam
pelajaran karena ada
penambahan mata pelajaran ciri khusus untuk sekolah islam terpadu
B.
PENGATURAN BEBAN BELAJAR
a.
Beban belajar dalam sistem paket digunakan oleh tingkat
satuan pendidikan SMP baik kategori
standar maupun mandiri.
b.
Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem
paket dialokasikan sebagaimana tertera
dalam struktur kurikulum. Pengaturan alokasi waktu untuk
setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu
tahun pelajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar
yang tetap. Satuan pendidikan
dimungkinkan menambah jam pelajaran dengan pertimbangan SMP IT Luqman Al Hakim
sekolah berciri khusus. Pemanfaatan jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan
kebutuhan peserta didik dalam mencapai
kompetensi, selain itu dimanfaatkan untuk mata pelajaran lain yang menjadi ciri khusus islam terpadu
dan tidak terdapat di dalam struktur kurikulum yang tercantum dalam Standar
isi.
c.
Alokasi waktu untuk penugasan struktur dan kegiatan
mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket untuk SMP 0% - 50% dari waktu
kegiatan tatap muka pelajaran yang bersangkutan. Pemanfaatan alokasi waktu
tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi ( dikaitkan
dengan tugas yang diberikan kepada Peserta didik).
d.
Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di
sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah
setara dengan satu jam tatap muka.
1)
Alokasi waktu untuk tatap muka, penugasan struktur, dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk SMP yang menggunakan sistem SKS
mengikuti aturan.
2)
Satu SKS pada SMP terdiri atas : 40 menit tatap muka, 20
menit kegiatan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.
e. Sistem yang
digunakan
Beban belajar yang diatur pada ketentuan ini adalah beban
belajar sistem paket pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sistem Paket
adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya
diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah
ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku
pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem
Paket dinyatakan dalam satuan
jam pembelajaran.
Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang
dibutuhkan oleh peserta didik untuk
mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan
terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itu dimaksudkan
untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikan tingkat
perkembangan peserta didik. SMP IT Luqman Al Hakim menerapkan sitem paket.
f. Waktu tatap
muka
Adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi
antara peserta didik dengan pendidik.
Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran pada masing-masing
satuan pendidikan SMP berlangsung selama 40 menit.
Beban belajar kegiatan tatap muka per minggu pada satuan
pendidikan untuk SMP adalah 36 jam pembelajaran. Namun Beban belajar pada SMP
IT menggunakan sistim paket dengan beban belajar maksimal 48 jam pelajaran per minggu. Satu jam pelajaran 40 menit,
dengan rincian sebagai berikut :
Kelas
|
Satu jam pembelajaran tatap
muka/menit
|
Jumlah jam pembelajaran perminggu
|
Minggu efektif
per
tahun ajaran
|
Waktu pembelajaran /jam per
tahun
|
VII
|
40
|
48
|
34
|
1632
|
VIII
|
40
|
48
|
34
|
1632
|
IX
|
40
|
48
|
34
|
1632
|
C.
KALENDER AKDEMIK
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk
kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender
pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif
belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Setiap permulaan
tahun pelajaran, tim pengembang kurikulum akan
mengadakan review kurikulum ini. menyusun kalender Pendidikan untuk mengatur
waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan
tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, Kegiatan
siswa dan hari libur. Pengaturan waktu belajar di SMP IT Luqman Al Hakim
mengacu kepada Standar Isi dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah,
karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan
dari pemerintah daerah.
Beberapa
aspek penting yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan kalender pendidikan
sebagai berikut :
1.
permulaan tahun ajaran yaitu waktu dimulainya kegiatan
pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan
tahun pelajaran telah ditetapkan oleh Pemerintah yaitu bulan Juli setiap tahun
dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
2.
minggu
efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun
pelajaran. sekolah/madrasah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif belajar
sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya.
3.
waktu
pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi
jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal,
ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
4.
waktu libur
adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran
terjadwal.hari libur sekolah/madrasah ditetapkan berdasarkan keputusan menteri
pendidikan nasional, dan/atau menteri agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, kepala daerah tingkat
kabupaten/kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan
hari libur khusus.
5.
waktu libur
dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun
pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar
nasional, dan hari libur khusus.
6.
libur jeda
tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran digunakan
untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun.
7.
sekolah dapat
menentukan libur keagamaan lebih panjang, mengatur hari libur keagamaan dengan
tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
8.
sekolah mengalokasikan
waktu kegiatan khusus tanpa mengurangi jumlah minggu
efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
9.
hari libur umum/nasional
atau penetapan hari serentak untuk setiap sekolah disesuaikan dengan Peraturan
Pemerintah Pusat/Propinsi/Kabupaten.
1. 1 Format
Perhitungan Minggu Efektif dan Jumlah Jam Efektif
DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
Satuan
Pendidikan : SMP
IT LUQMAN AL HAKIM
Mata
Pelajaran :
Kelas :
Semester : I
Tahun
Pelajaran :
2015/2016
1. Banyaknya Minggu/ Jam Pelajaran
No
|
Bulan
|
Minggu
|
Jam Pelajaran
|
1
|
Juli
|
4
|
.....jam
pelajaran
|
2
|
Agustus
|
4
|
.....
jam pelajaran
|
3
|
September
|
5
|
.....
jam pelajaran
|
4
|
Oktober
|
4
|
.....
jam pelajaran
|
5
|
November
|
4
|
.....
jam pelajaran
|
6
|
Desember
|
3
|
.....
jam pelajaran
|
23
Minggu
|
.....
jam pelajaran
|
2. Banyak Minggu/ Jam Pelajaran yang tidak efektif
No
|
Kegiatan
|
Minggu
|
Jam
Pembelajaran
|
Ket
|
1
|
MOS, SANLAT
|
1
|
.....jam pelajaran
|
|
2
|
Libur Puasa, Lebaran
|
2
|
.....jam pelajaran
|
|
3
|
Mukhoyam
|
1
|
.....jam pelajaran
|
|
4
|
Ulangan Tengah Semester
|
1
|
..... jam pelajaran
|
|
5
|
UAS
|
1
|
.....jam pelajaran
|
|
Jumlah
|
6 Minggu
|
..... jam pelajaran
|
3. Banyak Minggu Efektif = 24 Minggu – 6 Minggu = 18 Minggu
4. Banyaknya Jam Pelajaran Efektif = ...... x 17
Minggu = ... Jam Pelajaran
Mengetahui, Slawi,
10 Juli 2015
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
Sudirman,
S.Pd.
...............................................
DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
Satuan
Pendidikan : SMP
IT LUQMAN AL HAKIM
Mata
Pelajaran :
Kelas :
Semester : II
Tahun
Pelajaran :
2015/2016
1. Banyaknya Minggu/ Jam Pelajaran
No
|
Bulan
|
Minggu
|
Jam Pelajaran
|
1
|
Januari
|
4
|
......jam
pelajaran
|
2
|
Februari
|
4
|
.....
jam pelajaran
|
3
|
Maret
|
5
|
.....
jam pelajaran
|
4
|
April
|
4
|
.....
jam pelajaran
|
5
|
May
|
4
|
.....
jam pelajaran
|
6
|
Juni
|
3
|
.....
jam pelajaran
|
24
Minggu
|
.....
jam pelajaran
|
2. Banyak Minggu/ Jam Pelajaran yang tidak efektif
No
|
Kegiatan
|
Minggu
|
Jam
Pembelajaran
|
Ket
|
1
|
Mukhoyam
|
1
|
5 jam pelajarn
|
|
2
|
Ulangan Tengah Semester
|
1
|
5 jam pelajaran
|
|
3
|
UKK
|
1
|
5 jam pelajaran
|
|
4
|
Ujian Sekolah
|
2
|
10 jam pelajaran
|
|
5
|
Ujian Nasional
|
1
|
5 jam pelajarn
|
|
Jumlah
|
6 Minggu
|
50 jam pelajaran
|
3. Banyak Minggu Efektif = 24 Minggu – 6 Minggu =
18 Minggu
4. Banyaknya Jam Pelajaran Efektif = ....... x 18
Minggu = ..... Jam Pelajaran
Mengetahui, Slawi,
10 Juli 2015
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
Sudirman,
S.Pd. .................................................
D.
PROSES PEMBELAJARAN
1.
Perencanaan
proses pembelajaran
Hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam menyusun perencanaan pembelajaran antara lain:
1)
Kepala sekolah ikut memantau dan
menjamin mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dan program
pendidikan tambahan yang dipilihnya melalui kegiatan supervisi sekolah.
2) Kegiatan pembelajaran didasarkan pada standar kompetensi kelulusan, standar
isi, dan peraturan pelaksanaannya, serta standar proses dan standar penilaian
3) Setiap guru membuat administrasi perencaan pembelajaran yang meliputi:
3.1 Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Format
3.1
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP IT Luqman Al Hakim
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IX / 1 da 2
Tahun Pelajaran :
2015/2016.
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
3.2 Program Tahunan
Format
3.2
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : .SMPIT LUQMAN AL HAKIM
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester :
IX / 1 dan 2
Tahun pelajaran :
2015/16
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
3.3 Program
Semester
Format
Program Semester 3.3 ( terlampir)
3. 4 Silabus
Format
Silabus 3.4 ( Terlampir)
Silabus
memuat:
a. Standar Kompetensi
b. Kompetensi Dasar
c. Karakter yang diharapkan
d. Materi Pokok Pembelajaran dan Penambahan Ke – IT-an
e. Kegiatan Pembelajaran
f.
Indikator
g. Penilaian memuat KMTT dan KMT
h. Alokasi Waktu
i.
Sumber Belajar
3.5 Rencana
Pembelajaran
RPP yang dikembangkan guru memuat:
a.
identitas mata pelajaran;
b.
Standar Kompetensi (SK);
c.
Kompetensi Dasar (KD) dari silabus yang
akan dicapai;
d.
Karakter yang diharapkan
e.
indikator pencapaian kompetensi;
f.
tujuan pembelajaran;
g.
materi ajar;
h.
alokasi waktu yang diperlukan;
i.
metode pembelajaran;
j.
kegiatan pembelajaran;
k.
sumber bahan.
l.
penilaian hasil
belajar;
3.6 Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) belajar adalah tingkat pencapaian standar kompetensi
dasar mata pelajaran oleh siswa permata pelajaran. Penentuan kriteria ketuntasan
minimal belajar ini ditetapkan dengan memperhatikan ;
a.
Tingkat kompleksitas (kesulitan dan kerumitan)
b.
Tingkat kemampuan (intake) rata-rata siswa di sekolah
c. Ketersediaan sumber daya pendukung dalam
penyelenggaraan pembelajaran.
Meliputi : Tenaga pengajar, sarana, BOS,
manajemen sekolah, kepedulian stakeholders.
Format 3.6 KKM
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Satuan Pendidikan : SMP IT Luqman Al Hakim
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII
Tahun Pelajaran :
Kompetensi Dasar
|
KKM
Per
KD
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Kri Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||
KKM
Per
Indikator
|
Kriteria
Penentuan
|
|||||
K
|
DD
|
KS
|
||||
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
|
· Mendefinisikan
pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
· Memberikan contoh
materi tertentu yang terdiri atas ion-ion
|
2. Pelaksanaan Proses Pembelajaran
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
pelaksanaan proses pembelajaran antara lain:
1) Kepala sekolah dalam pelaksanaan proses pembelajaran adalah membimbing guru
dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah.
Sesuai dengan
Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi maka seorang guru perlu menetapkan
beberapa prinsip dalam proses pembelajaran antara lain:
a.
Dari
peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu;
b.
Dari
guru sebagai satu-satunya sumber belajarmenjadi belajar berbasis aneka
sumberbelajar;
c.
Dari
pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan
ilmiah;
d.
Dari
pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi;
e.
Dari
pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
f.
Daripembelajaran
yang menekankan jawaban tunggal menuju 2 pembelajaran dengan jawaban yang
kebenarannya multi dimensi;
g.
Daripembelajaran
verbalisme menuju keterampilan aplikatif;
h.
Deningkatandankeseimbanganantaraketerampilan
fisikal (hardskills) danketerampilan mental (softskills); 9. Pembelajaran yang
mengutamakan pembudayaan danpemberdayaanpesertadidiksebagai pembelajar
sepanjanghayat;
i.
Pembelajaran
yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan(ing ngarso sung tulodo),
membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas
peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani);
j.
Pembelajaranyang
berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
k.
Pembelajaran
yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa,
dan di mana saja adalah kelas.
l.
Pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
pembelajaran; dan
m.
Pengakuan
atas perbedaan individualdan latar belakang budayapeserta didik.
Dalam permendiknas Nomor 41 Tahun
2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, mengatur pengelolaan
kelas sebagai persyaratan pelaksanaan Pembelajaran sebagai berikut:
a.
Guru mengatur tempat
duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran, serta aktivitas
pembelajaran yang akan dilakukan;
b.
Volume dan intonasi
suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh
siswa;
c.
Tutur kata guru santun
dan dapat dimengerti oleh siswa;
d.
Guru menyesuaikan
materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa;
e.
Guru menciptakan
ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan
dalam menyelenggarakan proses pembelajaran;
f.
Guru memberikan
penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar siswa selama
proses pembelajaran berlangsung;
g.
Guru menghargai siswa
tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan status sosial
ekonomi;
h.
Guru menghargai
pendapat siswa;
i.
Guru memakai pakaian
yang sopan, bersih, dan rapi;
j.
Pada tiap awal
semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkannya; dan
k.
Guru memulai dan
mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
2)
Supervisi kepala sekolah, kesesuaian RPP
dengan pelaksanaan proses pembelajaran, dan hasil penilaian berbasis kelas yang
dilakukan oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran, meliputi:
2.1
Kegiatan pendahuluan,
guru;
2.1.1
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran.
2.1.2
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
2.1.3
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
2.1.4
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2.2
Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).
2.2.1 EKSPLORASI
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
2.2.1.1
Melibatkan siswa mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
2.2.1.2
Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
2.2.1.3
Memfasilitasi terjadinya interaksi
antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya.
2.2.1.4
Melibatkan siswa secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran, dan
2.2.1.5
Memfasilitasi siswa melakukan percobaan
di laboratorium, studio atau lapangan.
2.2.2
ELABORASI
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
2.2.2.1
Membiasakan siswa membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
2.2.2.2
Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis.
2.2.2.3
Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
2.2.2.4
Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif.
2.2.2.5
Memfasilitasi siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
2.2.2.6
Memfasilitasi siswa membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun
kelompok
2.2.2.7
Memfasilitasi siswa untuk menyajikan
hasil kerja secara individual maupun kelompok.
2.2.2.8
Memfasilitasi siswa melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
2.2.2.9
Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.
2.2.3
KONFIRMASI
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
2.2.3.1
Memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan siswa.
2.2.3.2
Memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
2.2.3.3
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
2.2.3.4
Memfasilitasi siswa untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
2.2.3.5
Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar
2.2.3.6
Membantu menyelesaikan masalah siswa
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
2.2.3.7
Memberi informasi untuk bereksplorasi
lebih jauh, dan
2.2.3.8
Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
2.3
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
2.3.1
Bersama-sama dengan siswa dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.3.2
Melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram.
2.3.3
Memberikan umpan balik terhadap proses
hasil pembelajaran.
2.3.4
Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar siswa.
2.3.5
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
3. Administrasi Penilaian Hasil pembelajaran
Tugas
Kepala Sekolah dalam administrasi penilaian hasil belajarpeserta didik antra
lain:
1)
Membimbing Wk. Kurikulum dan guru dalam menyusun program penilaian hasil
belajar yang berkeadilan, betanggung jawab dan berkesinambungan.
2) Membimbing Wk. Kurikulum dan guru dalam menyusun program penilaian hasil
belajar didasarkan pada Standar penilaian Pendidikan
3) Membimbing Wk. Kurikulum dan guru dalam menila hasil belajar untuk seluruh
kelompok mata pelajaran dan membuat
catatan kseluruhan untuk menjadi bahan program remedial klarifikasi capaian ketuntasan yang
direncanakan, laporan kepada pihak yang memerlukan, pertimbangan kenaikan kelas
atau kelulusan dan dokumentasi.
4) Program penilaian hasil belajar perlu ditinjau secara periodik, berdasarkan
data kegagalan dan kendala pelaksanaan program dalam rangka mendapatkan rencana
penilaian yang lebih adail dan bertanggung jawab
5) Membimbing Wk. Kurikulum dan guru dalam menetapkan prosedur yang mengatur
trasparasi sistem evaluasi hasil belajar untuk penilai formal yang
berkelanjutan . Semua guru mengembalikan hasil kerja siswa yang sudah dinilai
6) Membimbing Wk. Kurikulum dan guru dalam menetapkan petunjuk pelaksanaan
operasional yang mengatur mekanisme penyampaian ketidakpuasan peserta didik dan
penyelesaianya mengenai penilaian hasi belajar dengan memperhatikan hal-hal
berikut:
6.1 Penilaian meliputi semua kompetensi dan
materi yang diajarkan
6.2 Seperangkat
metode penilaian perlu disiapkan dan digunakan secara terencana untuk tujuan
diagnostik, formatif, dan sumatif sesuai dengan metode/strategi pembelajaran
yang digunakan
7) Membimbing Wk. Kurikulum dan guru
menyusun ketentuan pelaksanaan penilaian hasil belajar sesuai dengan standar
penilai pendidikan. Selanjutnya Wk. Kurikulum dan guru melaporkan hasil belajar
kepadaorang tua peserta didik, komite sekolah dan institusi diatasnya.
Format administrasi (
Terlampir)
BAB IV
PROGRAM KERJA KURIKULUM
A.
Tabel rencana
kegiatan wakil kepala madrasah bidang kurikulum:
No
|
Rencana Kegiatan
|
RencaanPelaksanaan
|
Pelaksanaan
|
1
|
PERSIAPAN
1. Rapat
Kerja
2. Membuat
Tim Pengembang Kurikulum
3. Menjabarkan
kalender pendidikan
4. Mengatur pembagian tugas guru
5. Pembagian
Kelas dan merumuskan nama Wali Kelas
6. Membuat
jadwal pengajaran
7. Mengatur
jadwal piket guru
8. Menyusun
Program Kurikulum
9. Menyusun KTSP
10.
Penyusunan Peraturan Akademik
11.
Menyiapkan Administrasi guru dan Administrasi Kelas
12.
Penyusunan Administrasi Rencana Pembelajara
|
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
Juni 2015
|
|
2
|
PELAKSANAAN
1. Memantau
jalannya PBM
2. Memantau jalannya
Piket
|
Juli 2014-
Juni 2015
Juli 2014-
Juni 2015
|
|
3
|
KEGIATAN EVALUASI DAN UJIAN
1. Memantau
pelaksanaan Ulangan Harian
2. Membentuk
Panitia Ulangan Tengah Semester I
3. Pelaksanaan
Ulangan Tengah Semester I
4. Pembagian
Hasil Ulangan Tengah Semester I
5. Membentuk
Panitia Ulangan Akhir Semester I
6.
Pelaksanaan Ulangan Akhir Semester I
7. Penyerahan
Buku Laporan Hasil Belajar
8. Membentuk
panitiaSukses UN dan US
9.
Pelaksanaan Try Out I, II,III, IV dan V
10. Membentuk
Panitia Ulangan Tengah Semester II
11. Pelaksanaan
Ulangan Tengah Semester II
12. Pembagian
Hasil Ulangan Tengah Semester II
13.Membuat
POS Madrasah UN dan US
14.
Pelaksanaan US
15.
Pelaksanaan UN
16. Membentuk
Panitia Ulangan Kenaikan Kelas
17.
Pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas
18.
Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar
|
Juli 2015 –
Juni 2016
23 September
2015
28
September-10 Oktober
17 Oktober
2015
11 November
2015
30
November-12 Desember 2015
19 Desember
2015
Desember 2015
Januari-April
2016
10 Februari
2016
29
Februari-12 Maret 2016
19 Maret 2016
Februari 2016
21 Maret -2
April 2016
18-21 April
2016
4 Mei 2016
30 Mei-11 Juni 2016
18 Juni 2016
|
|
4
|
MENYUSUN
LAPORAN KEGIATAN
1. Kegiatan
Semester I dan II
2. Kegiatan
UN dan US
|
Desember 2015 dan Juni 2016
Mei 2016
|
|
5
|
EVALUASI KEGIATAN
1. Semester 1
2. Semester 2
3 UN dan US
|
Desember 2015
Juli 2016
Juli 2015
|
BAB IV
PENUTUP
1. KESIMPULAN
Penyusunan
Program Kerja ini berdasarkan kebutuhan agar pelaksanaan penyelenggaraan
kurikulum tahun pelajaran 2015/2016 di
SMP IT Luqman Al Hakim berjalan dengan lancar.
2. SARAN-SARAN
Untuk mencapai
hasil kerja yang maksimal serta pelaksanaan yang lebih baik, kritik dan saran
yang sifatnya membagun sangat kami harapkan dari semua pihak, terutama kepala ,
Agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran berikutnya
dapat berjalan dengan lebih baik lagi.
Program Kerja Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim Slawi 2015/2016
0 Response to "Program Kerja Kurikulum SMP IT Luqman Al Hakim Slawi 2015/2016"
Posting Komentar