Contoh KKM IPA kelas VII SEMESTER 1
Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM)
Satuan Pendidikan :
SMP IT Luqman Al Hakim
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VII / 1
Tahun Pelajaran :
2016 -2017
Kompetensi
Dasar
|
KKM
Per
KD
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Kri Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||
KKM
Per
Indikator
|
Kriteria Penentuan
|
|||||
K
|
DD
|
KS
|
||||
1.1 Mendeskripsi-kan besaran
pokok dan besaran turunan beserta satuannya
|
72
|
§
Mengindentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan
sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
|
74
|
74
|
74
|
74
|
§
Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
|
72
|
72
|
70
|
74
|
||
§
Mengkonversi satuan panjang,
masa, dan waktu secara sederhana
|
70
|
70
|
72
|
68
|
||
1.2. Mendeskripsi-kan
pengertian suhu dan pengukurannya
|
72
|
§
Menggunakan termometer untuk
mengukur suhu zat
|
73
|
74
|
73
|
72
|
§
Membuat termometer sederhana, berskala berdasarkan
sifat perubahan volume
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Membandingkan skala termometer
Celcsius dengan termometer yang lain
|
71
|
70
|
74
|
70
|
||
1.3 Melakukan pengukuran dasar
secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari
|
72
|
§
Mengukur dengan satuan baku dan
tak baku secara baik dan benar
|
72
|
70
|
74
|
70
|
§
Memperhatikan dan menerapkan
keselamatan kerja dalam pengukuran.
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan
basa, dan larutan garam melalui alat dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang
tepat
|
72
|
§
Mengindentifikasikan sifat
asam, basa, garam dengan menggunakan Indikator
|
72
|
74
|
70
|
72
|
§
Mengelompokkan bahan-bahan di
lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
|
74
|
74
|
70
|
72
|
||
§
Menggunakan alat sederhana
untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
|
70
|
72
|
68
|
72
|
||
|
|
|
|
|
||
2.2 Melakukan percobaan
sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
72
|
§ Melakukan percobaan
untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan
menggunakan kembang sepatu
|
72
|
72
|
72
|
72
|
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
|
72
|
§
Menjelaskan aturan penulisan
lambang unsur
|
72
|
72
|
72
|
72
|
§
Menuliskan nama dan lambang
unsur
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Menuliskan nama dan rumus kimia
sederhana
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Menentukan nama senyawa dan
rumus kimia sederhana
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
2.4
membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
72
|
§
Membandingkan sifat unsur,
senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
|
72
|
72
|
72
|
72
|
§
Membuat bagan klasifikasi
materi secara sederhana
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Mengelompokkan zat-zat kedalam campuran homogen dan heterogen
dalam kehidupan sehari-hari
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat
berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
72
|
§
Menyelidiki perubahan wujud
suatu zat
|
72
|
72
|
72
|
72
|
§
Menafsirkan susunan gerak
partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Membedakan kohesi dan adhesi
berdasarkan pengamatan
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Mengkaitkan peristiwa
kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
3.2 Melakukan percobaan yang
berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari
|
72
|
§
Menyelidiki proses pemuain pada
zat padat, cair dan gas
|
72
|
72
|
72
|
72
|
§
Merencanakan percobaan
sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Menunjukkan prinsip pemuian
dalam teknologi misalnya Bimetal
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
3.3 Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
72
|
§
Menyelidiki pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat
|
72
|
72
|
72
|
72
|
§
Menyelidiki faktor-faktor yang
dapat mempercepat penguapan
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu
zat
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Menyelidiki kalor yang
dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Menerapkan hubungan
Q = m.C. ∆t
Q = m.U
dan
Q = m.L untuk meyelesaikan masalah sederhana
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
4.1 Membanding-kan sifat fisika dan sifat kimia zat
|
72
|
§
Membandingkan hasil pengamatan
perubahan fisika dan perubahan kimia
|
72
|
72
|
72
|
72
|
§
Mengklasifikasi perubahan
fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan
mengkomunikasikannya
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat
fisika dan sifat kimia
|
72
|
§
Menjelaskan dasar pemisahan
campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
|
72
|
72
|
72
|
72
|
§
Melakukan percobaan penjernihan
air dengan teknik sederhana
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
§
Melakukan percobaan untuk
memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan,
destilasi, penguapan dan sublimasi )
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika
dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
|
|
§
Membuat kesimpulan dari hasil
pecobaan perubahan fisika dan kimia
|
72
|
72
|
72
|
72
|
§
Membandingkan karakteristik
perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan
|
72
|
72
|
72
|
72
|
||
4.4 Mengindentifi-kasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana
|
72
|
§
Mereaksi dua zat untuk
menunjukkan perubahan warna dan atau suhu
|
72
|
74
|
70
|
72
|
§
Menyimpulkan ciri-ciri
terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu
|
72
|
74
|
70
|
72
|
||
Jumlah
|
|
|
|
Mengetahui Slawi,
.............Juli 2016
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Sudirman, S. Pd. Asri
Nur Prihatin, S. Pd. Si.
Contoh KKM IPA kelas VII SEMESTER 1
0 Response to "Contoh KKM IPA kelas VII SEMESTER 1"
Posting Komentar