Rencana Pembelajaran IPA Kelas 8 Atom, Ion dan Molekul dengan muatan ke-IT- an


Rencana Pembelajaran IPA Kelas 8 Atom, Ion dan Molekul dengan muatan ke-IT- an

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
                                               
                                                Nama Sekolah                     : SMP IT Luqman Al Hakim
                                                Mata Pelajaran                    : IPA Terpadu
                                                Kelas/Semester                    : VIII / 1
                                                Materi                                    : Atom, Ion dan Molekul
                                                Alokasi Waktu                     : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan)


Standar Kompetensi 3
Menjelaskan Konsep Partikel Materi

Kompetensi Dasar 3.1.
Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul

A.        Karakter siswa yang diharapkan :
·         Kejujuran
·         Rasa ingin tahu

B.  Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
  2. Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.

C. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat memahami perkembangan teori atom
  2. Siswa dapat mendefinisikan pengertian atom
  3. Siswa dapat memahami konsep struktur atom
  4. Siswa dapat memberikan contoh tentang atom
  5. Siswa dapat memahami penulisan lambang atom
  6. Siswa dapat memahami konsep ion
  7. Siswa dapat memberikan contoh tentang kation dan anion
  8. Siswa memahami konsep molekul
  9. Siswa dapat memberikan contoh tentang molekul
               
D. Materi Pembelajaran ( Terlampir)
      Atom, ion dan molekul

·         Qs. Yunus : 61
Tidak lengah sedikit pun dari pengetahuan Tuhanmu biar pun sebesar zarrah (atom), baik di bumi ataupun di langit. Tidak ada suatu yang lebih kecil dan yang lebih besar daripada itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)[5].
·         Qs.A Fathir: 36
Ilmuwan inggris Paul Dirac menyatakan bahwa materi diciptakan berpasangan, thn 1933 mendapatkan nobel
“..setiap partikel memiliki anti partikel dengan muatan berlawanan..

E. Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                           : Pendekatan kontekstual
2.      Metode                                   : Eksperimen, Diskusi-informasi
3.      Model Pembelajaran           : VAC, Pembelajaran kooperatif


F. Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN I

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.       Salam
b.       Absensi
c.       Motivasi
·         Pernahkah kamu membayangkan jika kertas kita sobek terus-menerus atau roti kita potong-potong sampai kecil sekali
·         Dalam surat  Al Zalzalah ayat 7 dan 8 (yang artinya): ("Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun sekalipun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar seberat dzarrahpun sekalipun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula").

d.       Pengetahuan Prasarat
      Siswa telah memahami arti materi

e.       Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat memahami perkembangan teori atom
2.         Siswa dapat mendefinisikan pengertian atom
3.         Siswa dapat memahami konsep struktur atom
4.         Siswa dapat memberikan contoh tentang atom

15 Menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
ü  Memfasilitasi peserta didik untuk menelaah konsep atom melalui eksperimen
ü  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang konsep atomdari aneka sumber;
ü  Menfasilitasi peserta didik untuk berdikusi dengan teman
10 menit
Elaborasi
ü  memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil eksplorasi tentang konsep atom, secara lisan maupun tulisan
ü  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ü  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

10 menit
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
ü  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
ü  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik tentang konsep atom,dari aneka sumber; meliputi
1. Sejarah penemuan atom
2. Pengertian Atom
3. Struktur atom
4. Contoh atom
ü  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
ü  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; tentang konsep atom,
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

30
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
ü    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  tentang konsep atom,
ü    melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
ü    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
ü    memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
ü    bersama-sama dengan peserta didik untuk merenungkan betapa Maha Kuasanya Allah SWT ( melihat film SIAPA ANDA)
10 Menit

PERTEMUAN II
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.       Salam
b.       Absensi
c.        Motivasi
Ada cerita seorang pengendara mobil mewah sedang melaju sangat kencang tanpa di sadari di depan ada pohon mangga hingga tabrakan tidak terelakan.........
d.       Pengetahuan Prasarat
Siswa telah memahami Konsep atom
e.        Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat memahami penulisan lambang atom
2.       Siswa dapat memahami konsep ion
3.       Siswa dapat memberikan contoh tentang kation dan anion
4.       Siswa memahami konsep molekul
5.       Siswa dapat memberikan contoh tentang molekul


15 Menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
ü  Memfasilitasi peserta didik untuk memahami penulisan lambang atom dengan melihat sistem periodik unsur
ü  Memfasilitasi peserta didik untuk menelaah konsep ion melalui eksperimen
ü  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang penulisan lambang atom dankonsep Iondari aneka sumber;
ü  Menfasilitasi peserta didik untuk berdikusi dengan teman
10 menit
Elaborasi
ü  memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan hasil eksplorasi tentang penulisan lambang atom dan konsep ion secara lisan maupun tulisan
ü  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ü  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

10 menit
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
ü  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
ü  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik tentang penulisan lambang atom dan konsep ion ,dari aneka sumber; meliputi
1.         Penulisan lambang atom
2.         Konsep ion
3.         Contoh kation dan anion
4.         Pengertian molekul dan contohnya

ü  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
ü  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

30
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
ü    bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  tentang penulisan atom, konsep ion dan molekul,
ü    melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
ü    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
ü    memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
10 Menit


G. Sumber Belajar
1.   Buku Asyiknya Belajar IPA by Asri Nur Prihatin, S.Pd. Si ( Atom, Ion dan Moleku l)
2.       Buku IPA Terpadu Kelas 8
3.       Buku-buku Pelajaran yang relevan.

I. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Norma Penilaian
  • Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
  • Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.
Tes tulis


Tes tulis
Tes uraian


Tes PG
Jelaskan pengertian  atom, ion dan molekul

Partikel terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur itu disebut.....
a.       Atom     
b.        Molekul
c.        Elektron
d.       Molekul unsur
Uraian
Skor maksimal = 5

Nilai =    betul      x 100
             Jumlah soal






Mengetahui,
Kepala Sekolah




(Sudirman, S.Pd.)


Slawi 10 Juli 2015
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_Asri Nur Prihatin, S.Pd. Si)



Rencana Pembelajaran IPA Kelas 8 Atom, Ion dan Molekul dengan muatan ke-IT- an

0 Response to "Rencana Pembelajaran IPA Kelas 8 Atom, Ion dan Molekul dengan muatan ke-IT- an"

Posting Komentar